EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA SENI BELA DIRI KUNTAU KALIMANTAN SELATAN
Abstract
Pendidikan matematika dipadukan dengan budaya masyarakat yang disebut etnomatematika. Di dalam pencak silat kuntau bisa ditemukan banyak hal yang memiliki keterkaitan dengan pembelajaran matematika. Misalnya dalam gerakan tangan pesilat, pada saat tangan pesilat tampak bersilangan maka akan tampak konsep matematika yaitu konsep geometri seperti sudut dan dua garis yang berpotongan/bersilangan. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan etnomatematika berupa konsep geometri pada gerakan seni pencak silat kuntau Kalimantan Selatan yaitu pada perguruan macan kumbang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Data diperoleh dari teknik pengumpulaan data berupa observasi, wawancara serta dokunentasi, dengan para pelatih dari perguruan Macan Kumbang yang menjadi subjek penelitian ini. Data dianalisis dengan rancangan Spradley yaitu analisis domain, taksonomi, komponensial, dan tema budaya. Penelitian ini menghasilkan konsep geometri yang muncul pada dua domain/aktivitas matematika yaitu aktivitas menentukan lokasi dan aktivitas bermain. Aktivitas menentukan lokasi muncul pada saat pergerakan atau perpindahan langkah kaki pesilat dalam memperagakan seni pencak silat kuntau dan aktivitas bermain muncul pada posisi gerak tangan dan kaki pesilat. Adapun konsep-konsep geometri yang muncul yaitu konsep sudut berupa sudut lurus, lancip, siku-siku dan tumpul, konsep hubungan antar garis berupa garis sejajar serta saling bersilangan serta konsep transformasi geometri berupa refleksi.