PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKJ PADA MATERI MENERAPKAN LOGIKA DAN ALGORITMA KOMPUTER

  • Eka Sia Leluni STKIP PGRI Banjarmasin
  • Nonong Rahimah STKIP PGRI Banjarmasin
  • Asy’ari STKIP PGRI Banjarmasin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Menerapkan Logika dan Algoritma Komputer. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 50 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, lembar observasi dan soal tes hasil belajar Menerapkan Logika dan Algoritma Komputer. Setelah data diperoleh kemudian data dianalisis menggunakan perhitungan statistik berupa uji analisis regresi linier sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,646. (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,479. (3) Terdapat pengaruh kedisiplinan dan motivasi belajar belajar terhadap hasil belajar pada siswa sebesar 0,69. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan dan motivasi belajar belajar terhadap hasil belajar materi Logika dan Algoritma Komputer pada siswa kelas X TKJ SMKN 2 Tamiang Layang.

Published
2021-12-30
How to Cite
Eka Sia Leluni, Nonong Rahimah, & Asy’ari. (2021). PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKJ PADA MATERI MENERAPKAN LOGIKA DAN ALGORITMA KOMPUTER. Prosiding Seminar Nasional MIPATI, 1(1). Retrieved from https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/mipati/article/view/1533
Abstract viewed = 153 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 110 times