PENGARUH MINAT DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X TKJ

  • Luh Fitriani STKIP PGRI Banjarmasin
  • Asy’ari STKIP PGRI Banjarmasin
  • Nonong Rahimah STKIP PGRI Banjarmasin

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) Mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa menggunakan media google classroom pada materi  dasar desain grafis, (2) Mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa menggunakan media google classroom pada materi  dasar desain grafis, (3) Mengetahui pengaruh minat dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa menggunakan media google classroom pada materi  dasar desain grafis. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan TKJ SMK Bina Banua Banjarmasin, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X TKJ SMK Bina Banua Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling jenuh dengan sampel yang digunakan yaitu siswa kelas  X TKJ 1 dan X TKJ2. Teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukan (1) Adanya pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar sebesar 2,189, berdasarkan hasil uji hipotesis nilai sig dari  adalah 0,000≤0,05  sehingga  dapat diterima (2) Adanya pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar sebesar 2,481, berdasarkan hasil uji hipotesis nilai sig dari  adalah 0,000≤0,05 sehingga  dapat diterima. (3) Adanya pengaruh minat belajar dan kemandirian belajar sebesar 70% terhadap hasil belajar. Berdasarkan nilai koefisien jika minat belajar meningkat 1 point maka hasil belajar akan meninggkat sebesar 1,491 dan jika kemandirian belajar meningkat 1 point maka hasil belajar akan meningkat sebesar 1,297, sehingga  dapat diterima dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh minat dan memandirian belajar  terhadap hasil belajar siswa menggunakan media Google Classroom pada materi dasar desain grafis kelas X TKJ SMK Bina Banua Banjarmasin.

Published
2021-12-30
How to Cite
Luh Fitriani, Asy’ari, & Nonong Rahimah. (2021). PENGARUH MINAT DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X TKJ . Prosiding Seminar Nasional MIPATI, 1(1). Retrieved from https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/mipati/article/view/1526
Abstract viewed = 140 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 120 times