PENGARUH MINAT DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI DASAR DESAIN GRAFIS KELAS X TKJ
Abstract
Tujuan penelitian ini: (1) Mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa menggunakan media google classroom pada materi dasar desain grafis, (2) Mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa menggunakan media google classroom pada materi dasar desain grafis, (3) Mengetahui pengaruh minat dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa menggunakan media google classroom pada materi dasar desain grafis. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan TKJ SMK Bina Banua Banjarmasin, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X TKJ SMK Bina Banua Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling jenuh dengan sampel yang digunakan yaitu siswa kelas X TKJ 1 dan X TKJ2. Teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukan (1) Adanya pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar sebesar 2,189, berdasarkan hasil uji hipotesis nilai sig dari adalah 0,000≤0,05 sehingga dapat diterima (2) Adanya pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar sebesar 2,481, berdasarkan hasil uji hipotesis nilai sig dari adalah 0,000≤0,05 sehingga dapat diterima. (3) Adanya pengaruh minat belajar dan kemandirian belajar sebesar 70% terhadap hasil belajar. Berdasarkan nilai koefisien jika minat belajar meningkat 1 point maka hasil belajar akan meninggkat sebesar 1,491 dan jika kemandirian belajar meningkat 1 point maka hasil belajar akan meningkat sebesar 1,297, sehingga dapat diterima dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh minat dan memandirian belajar terhadap hasil belajar siswa menggunakan media Google Classroom pada materi dasar desain grafis kelas X TKJ SMK Bina Banua Banjarmasin.