Developing practical module of Capita Selecta in mathematics assisted by android

Pengembangan modul praktikum berbantuan android pada Kapita Selekta

  • Alpha Galih Adirakasiwi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Attin Warmi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Adi Ihsan Imami Universitas Singaperbangsa Karawang
Kata Kunci: modul praktikum, android, Kapita Selekta

Abstrak

Sesuai dengan perkembangan teknologi pada abad 21, penggunaan software matematika dapat digunakan pada proses pembelajaran. Bahan ajar menjadi salah satu bagian terpenting dalam proses pembelajaran di kelas. Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah modul. Penentuan penilaian kriteria kualitas modul ini dilihat dari penilai pakar di bidangnya, kemudian menguji coba pada kelompok terbatas dan uji coba lapangan yang dilakukan oleh peneliti.  Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul praktikum berbantuan android pada kapita selekta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Desainnya pengembangannya menggunakan ADDIE. Tahapan dari desain model ADDIE, adalah : (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Instrumen penilaian yang digunakan berupa lembar penilaian dari ahli materi, pakar desain pembelajaran, pakar media pembelajaran, uji coba terbatas dan uji lapangan serta tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini menghasilkan modul praktikum berbantuan android pada kapita selekta yang memenuhi kategori layak digunakan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Batubara, hamdam H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Siswa SD/MI. Jurnal Muallimuna, 3, 13–27.

Calimag, J. N. V., Miguel, P. A. G., Conde, R. S., & Aquino, L. B. (2014). Ubiquitous Learning Environment Using Android Mobile Aplication. International Journal of Research in Engineering & Technology, 2, 119–128.

Chuang, T. Y., & Chen, W. F. (2007). Effect of digital games on children’s cognitive achievement. Journal of Multimedia. https://doi.org/10.4304/jmm.2.5.27-30

Furqan, H., Yusrizal, Y., & Saminan, S. (2017). Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Bukit Bener MeriahNo Title. Education Indonesian Journal of Science, 4, 124–129. Retrieved from http://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/7589

Hess, S. (2014). Digital Media and Student Learning: Impact of Electronic Books on Motivation and Achievement. New England Reading Association Journal.

Izzati, N., Hindarto, N., & Pamelasari, S. D. (2013). Pengembangan modul tematik dan inovatif berkarakter pada tema pencemaran lingkungan untuk siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i2.2721

Jabbour, K. K. (2014). An analysis of the effect of mobile learning on lebanese higher education. Informatics in Education.

Kartika, H., & Aini, I. N. (2017). Pengembangan Buku Ajar Berbantuan Software Scilab Pada Mata Kuliah Aljabar Matriks. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2, 26–32.

Mahmudi, A., Sugiman, Lestari, H. P., & Herawati, K. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Pembelajaran Di SMK. Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/36595/

Sanaky, H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif- Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi kelarutan untuk meningkatkan performa akademik siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289

Diterbitkan
2019-12-30
Bagian
Research
Abstrak viewed = 290 times
PDF downloaded = 351 times