Developing a model for an evaluation in elementary mathematics course processes constructivism-based

Pengembangan model evaluasi proses pembelajaran matematika dasar berbasis konstruktivisme

  • Ika Victoria Nalurita STKIP Qomaruddin Gressik
  • Lalu Alwan Junaedi STKIP Qomaruddin Gresik
Kata Kunci: model evaluasi, matematika dasar, konstruktivisme

Abstrak

Dalam menggunakan berbagai macam model dan media pendukung pembelajaran matematika dasar perlu adanya evaluasi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model evaluasi proses pembelajaran matematika dasar berbasis konstruktivisme. Metode penelitian yang digunakan mengacu pada desain model yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang disederhanakan peneliti menjadi 4 tahap yaitu (1) pendahuluan, (2) perencanaan pengembangan, (3) uji coba, evaluasi, revisi, dan (4) implementasi.  Subjek uji coba penelitian ini adalah dosen dan ketua program studi pendidikan matematika di Gresik dengan jumlah subjek meningkat dalam tiga kali uji coba. Instrumen pengumpul data adalah panduan wawancara, angket/ kuesioner dan lembar observasi. Hasil pengembangan model evaluasi proses pembelajaran matematika dasar berbasis konstruktivisme meliputi: prosedur evaluasi, komponen, indikator dan instrumennya, serta panduan pelaksanaan evaluasi. Evaluasi proses pembelajaran terdiri tiga komponen yaitu: (1) evaluasi perencanaan (2) evaluasi pelaksanaan pembelajaran dan (3) evaluasi pelaksanaan penilaian hasil belajar. Berdasarkan validasi dan estimasi reliabilitas, instrumen dan panduan evaluasi proses pembelajaran matematika dasar berbasis konstruktivisme termasuk pada kategori baik dan model evaluasi proses pembelajaran yang dikembangkan sudah baik dan efektif berdasarkan penilaian pakar, praktisi dan pengguna model.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Amirono, & Daryanto. (2016). Evaluasi & Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Grava Media.

Emi, S., & Narimo, S. (2015). Pengembangan Pengelolaan Evaluasi Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013 Di Smp Negeri 1 Sirampog. 5–12. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/33930/1/ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Faroh, N., Nalurita, I. V., & Wildani, J. (2018a). Pengembangan Modul Berbasis Konstruktivisme Pada Mata Kuliah Matematika Dasar Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. 4(2), 33–39. Retrieved from https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/1270

Faroh, N., Nalurita, I. V., & Wildani, J. (2018b). Pengembangan Modul Berbasis Konstruktivisme Pada Mata Kuliah Matematika Dasar Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. 4(2), 33–39.

Fleiss, J.L., Levin, B., & Paik, M. . (2005). Statistical methods for rates and proportions, 3rd edition. In Statistical Methods in Medical Research (Vol. 14). https://doi.org/10.1177/096228020501400410

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2006). Educational Research: An Introduction, 8th Edition. In Educational An Introduction. New York: Longman.Inc.

Gronlund, & Linn. (1990). Measurement and evaluating teaching: 6th Edition. New York: Macmillan Publishing Company.

Hakim, L. (2019). Perencanaan pembelajaran Matematika. Journal of Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Hamzah, M. A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. jakarta: rajawali.

Jazim. (2016). Pengembangan Modul Matematika SMP Berbasis Pendekatan Konstruktivisme. Kazoku Syakaigaku Kenkyu, 28(2), 250–250. https://doi.org/10.4234/jjoffamilysociology.28.250

Kaufman & Thomas. (1980). Evaluation without fear. New York: New Viewpoints.

Mawarsari, V. D., & Prihaswati, M. (2014). Desain Evaluasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Cipp Pada Kejar Paket B. Jkpm, 1(2). Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=418588&val=6071&title=desain evaluasi pembelajaran matematika menggunakan model cipp pada kejar paket b

Nurhikmayati, I. (2017). Analisis kesulitan belajar mahasiswa pada matakuliah matematika dasar. Theorems, 2(1), 74–85. Retrieved from http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/576

Rahmawati. (2010). Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Fullday Darul Ilmi Surabaya.

Salmayzuri, Ruslan, & Pristiwaluyo, T. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran Matematika di SMA Negeri Watansoppeng. Riset Assesmen, 1(1), 1–8. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/assesment/article/download/1778/pdf_5

Septiati, A. (2012). Penanaman Konsep Keefektifan Pendekatan KonstruktivismeTerhadap Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Real I. 02(7), 20–25. Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/7568/

Stufflebeam, L.D., Madaus, G.F., & K. (1971). Evaluation models: viewpoints on educational and human services evaluation. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.

Sudijono. (2008). Pengantar statistika pendidikan. Jakarta: Rajawali pers.

Suprapti, E. (2018). Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Dasar. Majamath Journal, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Suryani, Y. E. (2017). Pemetaan Kualitas Empirik Soal Ujian Akhir Semester Pada Mata Pembelajaran. Pemetaan Kualitas Empirik Soal Ujian Akhir Semester Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Di Kabupaten Klaten, 21(2), 142–152. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/10725

Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. jakarta: Prestasi Pustaka

Diterbitkan
2019-12-30
Bagian
Research
Abstrak viewed = 422 times
PDF downloaded = 272 times