Developing authentic assessment: Project assessment on mathematics learning evaluation by using e-learning

Pengembangan asesmen autentik berupa penilaian proyek pada mata kuliah evaluasi pembelajaran matematika menggunakan e-learning

  • Muhammad Jamaluddin STKIP Qomaruddin Gresoik
  • Nailil Faroh STKIP Qomaruddin Gresik
Kata Kunci: asesmen autentik, penilaian proyek, evaluasi pembelajaran

Abstrak

Standar untuk menjadi seorang guru yakni memiliki empat kompetensi, kompetensi tersebut adalah kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Namun kenyataanya, dari keempat kompetensi tersebut masih ada kompetensi yang belum dikuasai sepenuhnya, yakni kompetensi pedagogik, khususnya dalam melakukan evaluasi pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, perlu adanya tindakan untuk mengantisipasi ketidakmampuan melaksanakan evaluasi pembelajaran. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah membuat suatu instrumen penilaian yang dapat digunakan untuk menggambarkan kompetensi dalam mengevaluasi pembelajaran. Satu prinsip asesmen yang dapat diterapkan yakni autentik berupa penilaian proyek. Penilaian proyek ini diterapkan pada pembelajaran elektronik (e-learning), sehingga mahasiswa dapat menyelesaikan proyek dengan media elektronik. Tujuan penelitian ini menghasilkan instrumen penilaian proyek pada mata kuliah evaluasi pembelajaran matematika yang menggunakan e-learning. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Data penelitian ini berupa validasi ahli, hasil observasi lapangan dan data respon mahasiswa, dan reliabilitas instrumen. Hasil yang didapat uji kevalidan instrumen penilaian proyek termasuk pada kategori sangat valid, kepraktisan penggunaan instrumen termasuk pada kategori prakStis dan respon mahasiswa didapat positif, dan reliabilitas instrumen didapatkan pada kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan instrumen layak untuk digunakan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Chandrawati, S. R. (2010). 172 Pemamfaatan. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 08(2), 172–181.

Delita, F. (2017). Penerapan Authentic Assesment Pada Mata Kuliah IPS Terpadu Semester Gasal Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Geografi, 9(2), 133. https://doi.org/10.24114/jg.v9i2.6970

Ginita, S. (2018). Analisis validitas, praktikalitas, dan efektifitas pengembangan bahan ajar terintegrasi konten kecerdasan spiritual pada materi fisika tentang vektor dan gerak lurus. Pillar of Physics Education, 11(2), 153–160.

Lestari, yovi anggi, & Purwanti, M. (2018). Hubungan Kompetensi Pedagogik, Profesional, Sosial, Dan Kepribadian Pada Guru Sekolah Nonformal X. Jurnal Kependidikan, 02(1), 197–208.

Pasaribu, A., & Saparini. (2016). Pengembangan Instrumen Autentik Assesmen Berupa Penilaian Proyek dengan Produk Mind Mapping Pada Materi Gaya dan Hukum Newton Tentang Gerak. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1–6.

Pradana, F. andita. (2015). Pengembangan perangkat penilaian proyek pada pembelajaran IPA terpadu melalui scientific approach. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(1), 37–48. https://doi.org/10.15036/arerugi.44.821_2

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar I Made Tegeh dan I Made Kirna (12 - 26). Jurnal Ika, 2.

Wahyuni, S., Gusti Made Sanjaya, I., Erman, & Jatmiko, B. (2019). Edmodo-based blended learning model as an alternative of science learning to motivate and improve junior high school students’ scientific critical thinking skills. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(7), 98–110. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i07.9980

Wijayanti, A. (2014). Pengembangan autentic assesment berbasis proyek dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 102–108. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i2.3107

Yuliati, L. (2012). Asesmen Autentik Dalam Active Learning Untuk Memonitor Kemajuan Belajar Calon Guru Fisika. 2(1), 120–126.

Diterbitkan
2019-12-30
Bagian
Research
Abstrak viewed = 558 times
PDF downloaded = 438 times