Error description of the first year student in aljabar problems
Deskripsi kesalahan mahasiswa tahun pertama pada soal aljabar
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan letak kesalahan dan faktor penyebab terjadi kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Analisis kesalahan yang digunakan peneliti berdasarkan analisis newman dengan tahapan membaca, memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya yang masih mengampu perkuliahan selama dua semester. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah melalui teknik tes dan wawancara dimana untuk menentukan keabsahan data dan hasil, peneliti melakukan proses triangulasi dari kedua teknik tersebut. Pada penelitian ini menggunakan 3 subjek mahasiswa yang memiliki nilai terendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek 1 dan subjek 3 melakukan jenis kesalahan pada tahapan membaca, memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban. Sedangkan untuk subjek 2 jenis kesalahan yang dilakukan dalam menyelesaikan soal cerita matematika adalah pada tahapan transformasi dan keterampilan proses. Beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya kesalahan ini diantaranya mahasiswa tidak mengerti arti beberapa kalimat yang terdapat pada soal, mahasiswa tidak mengetahui informasi dalam soal secara lengkap, mahasiswa tidak mengetahui rumus yang akan digunakan, mahasiswa tidak melakukan langkah pengoperasian aljabar yang sesuai, dan mahasiswa tidak mengerti langkah akhir dalam menyelesaikan soal cerita.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Bachri, B. S. (2016). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46-62.
Fitriatien, S. R. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika berdasarkan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 53 - 64. doi:10.26877/jipmat.v4i1.3550
Hidayati, R. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Siswa SMK Kesehatan. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 93-100. doi: https://doi.org/10.33654/math.v5i1.524
Karso, H. (2017). Bentuk-Bentuk Aljabar (Pembelajaran Matematika SMP). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Krulik, S., & Rudnick, J.A. (1993). Reasoning And Problem Solving. Boston: Allyn and Bacon.
Pitadjeng. (2015). Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Putri, A. R., Setyadi, D., & Mampouw, H. L. (2018). Proses Pemecahan Masalah Operasi Aljabar oleh Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Ideal Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 190 - 201. doi: https://doi.org/10.33654/math.v4i3.112
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekataan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Utami, A. S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Komposisi Fungsi di SMK Bakti Purwokerto. Journal of Mathematics Education AlphaMath , 3(2), 48-56.
Yusrina, S. L., & Masriyah, M. (2019). Profil Berpikir Aljabar Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Kontekstual Ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHedunesia, 8(3), 472-479.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##