Influence of the use of props made from used materials on the mathematics learning achievement of middle school students
Pengaruh penggunaan alat peraga berbahan bekas terhadap hasil belajar matematika siswa SMP
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan alat peraga berbahan bekas terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIIID SMP Negeri 12 Kupang. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program SPSS versi 22. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas untuk data pretest dan posttest. Dari hasil analisis data pretest dan data posttest diperoleh bahwa data tersebut memenuhi kriteria pengujian maka data pretest dan data posttest berdistribusi normal. Selanjutnya pengujian hipotesis menggunakan paired sample test, setelah data dianalisis diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 dan thitung = 17,697 > 2, 080 = ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan alat peraga berbahan bekas terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kupang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alat peraga berbahan bekas berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Azmi, S. (2011). Penggunaan Alat Peraga Keping Pecahan Dalam Pembelajaran Deret Geometri Tak Hingga. Beta, 4(1), 14–29.
Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan UNISKA, 3(1), 34–44.
Khairani, Majidah, Febrinal, D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran dalam Bentuk Macromedia Flash Materi Tabung untuk SMP Kelas IX. Jurnal Ipteks Terapan, 10(2), 95–102.
Lestari, I. (2013). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar. Formatif, 3(2), 115–125.
Rosdiati. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains Dan Humaniora., 3(2).
Rusmawati. (2017). Penggunaan Alat Peraga Langsung Pada Pembelajaran Matematika Dengan Materi Pecahan Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial,Sains Dan Humaniora, 3(2), 307–314.
Siarni, Marungkil Pasaribu, & Arman. (2015). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 07 Salule Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako, 3(2), 94–104. https://doi.org/ISSN 2354-614X
Sulaiman. (2015). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Berbasis Konsep Geometri Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. E-DuMath, 1(2), 106–113.
Sundayana, R. (2015). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika untuk guru, calon guru, orang tua, dan para pencinta matematika (Cetakan ke; I. Komariah & D. Nurjamal, eds.). Bandung: Alfabeta.
Widiyatmoko, & Pamelasari. (2012). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA Dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 51–56.