Analysis of student difficulties in understanding the continuity of the function of differential calculus
Analisis kesulitan mahasiswa dalam memahami materi kontinuitas fungsi mata kuliah kalkulus diferensial
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesulitan mahasiswa dalam memahami materi kontinuitas fungsi pada mata kuliah kalkulus diferensial dan faktor penyebab kesulitan tersebut. Mahasiswa mengalami kesulitan dalam menentukan kontinuitas suatu fungsi pada interval tertentu. Subjek penelitian adalah 30 mahasiswa semester II kelas B1 Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu tes dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh 3 jenis kesulitan mahasiswa dalam memahami kontinuitas, yaitu: (1) kesulitan dalam merumuskan garis bilangan; (2) kesulitan dalam melakukan pengujian kontinuitas; (3) kesulitan dalam menggambarkan sketsa grafik fungsi. Faktor penyebab dari kesulitan tersebut adalah (1) penguasaan terhadap konsep matematika dasar yang dipelajari di semester I diketahui kurang baik; (2) kurang mampu memahami makna dari pertanyaan dalam soal; (3) kurang memiliki waktu lebih sehingga dapat digunakan untuk mendalami materi yang dipelajari.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Agninditya, F., dkk. (2014). Analisis Kesalahan dan Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Uraian Pokok Bahasan Trigonometri Kelas X. IIS di SMA N 1 Rembang. Mathematics And Sciences Forum 2014.
Apriandi, D. & Krisdiana, I. (2016). Analisis kesulitan mahasiswa dalam memahami materi integral lipat dua pada koordinat polar mata kuliah kalkulus lanjut. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. 7 (2).
Ardiyati, R. & Murdanu. (2016). Analisis kesulitan mempelajari materi limit fungsi siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kasihan 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika-S1 Universitas Negeri Yogyakarta, 5 (8).
Januari, E., dkk. (2017). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan Bangun Ruang di SMP Kristen Maranatha Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(11).
Karimah, N. (2016). Pengaruh penggunaan media pembelajaran garis bilangan terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika (JKPM) Universitas PGRI Indraprasta, 1 (2).
Laeli, Hidayatul. (2017). Deskripsi Kesalahan Siswa Kelas VII SMP N 3 Kebasen dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Bulat. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Mujiati. (2017). Peningkatan hasil belajar matematika melalui metode discovery learning pada materi konsep keliling dan luas bangun datar siswa kelas V A SD Negeri 009 Pulau Kijang Kecamatan Reteh. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 6 (1).
Purbaningrum, K.A. (2017). Berpikir tingkat rendah menuju berpikir tingkat rendah. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammaddiyah Tangerang, 6 (1).
Razali, M., dkk. (2010). Kalkulus Diferensial. Bogor: Ghalia Indonesia.
Tanjungsari, R. D., dkk. (2012). Diagnosis kesulitan belajar matematika SMP pada materi persamaan garis lurus. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(1).
Yunita, F. (2018). Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Melukis Grafik Pada Pelajaran Matematika Di Kelas Viii Madrasah Tsanawiyah Al-Jamâiyatul Washliyah Tembung Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2017/2018. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##