The effect of academic and pedagogic competences on basic teaching skills of mathematics teacher candidates in micro teaching
Pengaruh kemampuan akademik dan pedagogik terhadap keterampilan dasar mengajar calon guru matematika dalam pengajaran mikro
Abstrak
Keterampilan mengajar merupakan salah satu keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh seorang guru. Oleh karenanya, mahasiswa calon guru perlu terus menerus melatih diri untuk mengembangkan keterampilan mengajarnya. Salah satu cara yang diusahakan adalah melalui pengajaran mikro pada mata kuliah PSAP (Perencanaan, Strategi, Asesmen, Pembelajaran) Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi dari kemampuan akademik dan pedagogik mahasiswa calon guru terhadap keterampilan dasar mengajar mereka dalam pengajaran mikro. Subjek penelitian terdiri dari 56 mahasiswa prodi Pendidikan Matematika Universitas Pelita Harapan angkatan 2017. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dan analisis regresi linear sederhana. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi rubrik pengajaran mikro, arsip nilai mahasiswa, dan kuesioner. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat korelasi yang signifikan antara kemampuan akademik dan keterampilan dasar mengajar; (2) terdapat pengaruh yang signifikan dari kemampuan akademik terhadap keterampilan dasar mengajar; (3) terdapat korelasi yang signifikan antara kemampuan pedagogik dan keterampilan dasar mengajar; serta (4) terdapat pengaruh yang signifikan dari kemampuan pedagogik terhadap keterampilan dasar mengajar. Ini berarti, mata kuliah pedagogi dan konten dasar matematika yang diberikan sudah sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Asril, Z. (2016). Micro teaching. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Barlian, I. (2013). Begitu pentingkah strategi belajar mengajar bagi guru? Jurnal Forum Sosial, 6(1), 241-246. Diakses dari: http://eprints.unsri.ac.id/2268/2/isi.pdf
Dirgantoro, K. (2018). Kompetensi guru matematika dalam mengembangkan kompetensi matematis siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(2), 157-166. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p157-166
Herman, T. (2010). Aktivitas dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Diakses tanggal 4 Mei 2019 dari:http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._MATEMATIKA/196210111991011-TATANG_HERMAN/Artikel/Artikel19.pdf
Karim, A. (2011). Penerapan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Diakses dari: http://jurnal.upi.edu/file/3-Asrul_Karim.pdf
Mahmud, I. & Rawshon, S. (2013). Micro teaching to improve teaching method: an analysis on students’ perspectives. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME, 1(4), 69-76. Diakses dari: http://iosrjournals.org/iosr-jrme/papers/Vol-1%20Issue-4/J0146976.pdf
Maryono. (2016). Penerapan pedagogical content knowledge (PCK) mahasiswa calon guru matematika ditinjau dari kemampuan akademiknya. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 1(1), 1-16. https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.1.1-16
Mergler, A.G. & Tangen, D. J. (2010). Using microteaching to enhance teacher efficacy in pre-service teachers. Teaching Education, 21(2), pp. 199-210. https://doi.org/10.1080/10476210902998466
Nabila, H. (2016). The Influence of Pedagogic Competence and Professional Competence to Performance of Teachers Social Studies in Trowulan District. International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi UNY, tanggal 16-17 September 2016. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Raharja, S., Wibhawa, M. R., & Lukas, S. (2018). Mengukur rasa ingin tahu siswa. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14 (2), 151-164. http://dx.doi.org/10.19166/pji.v14i2.832
Şen, A.I. (2009). A study on the effectiveness of peer microteaching in a teacher education program. Journal of Science and Mathematics Education, 34 (151), 165-174. Retrieved from: http://egitimvebilim.ted.org.tr/index.php/EB/article/viewFile/616/119
Siregar, N. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Disampaikan pada Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 22-24 Agustus 2017, Hotel Grasia, Semarang. 224-232. Diakses dari: http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/download/2193/1655
Siswanto. (2010). Tingkat penguasaan keterampilan dasar mengajar mahasiswa prodi. Pendidikan akuntansi fakultas ilmu sosial dan ekonomi universitas negeri yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2): 41-51. http://dx.doi.org/10.21831/jpai.v8i2.953
Suciu, A. & Mata, L. (2011). Pedagogical competences-the key to efficient education. International Online Journal of Educational Sciences, 2011, 3(2), 411-423.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r & d. Bandung: Alfabeta.
Suyono. (2018). Analisis Regresi untuk Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.
Wijarini, F. & Ilma, S. (2017). Analisis keterampilan mengajar mahasiswa jurusan pendidikan biologi universitas borneo tarakan sebagai calon guru melalui kegiatan PPL. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(2), 149-159. https://doi.org/10.22219/jpbi.v3i2.4311
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##