The effect of metacognitive awareness toward lecturer's peformance
Pengaruh kesadaran metakognitif terhadap kinerja dosen
Abstrak
Pelaksanaan tridharma perguruan tinggi dan pemenuhan unsur penunjang merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan dosen di perguruan tinggi sebagai bentuk cerminan kinerja yang dimilikinya. Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja tersebut, salah satunya adalah kesadaran metakognitif. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh kesadaran metakognitif terhadap kinerja dosen di perguruan tinggi. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah semua dosen di UNW Mataram dengan sampel semua dosen di FKIP UNW Mataram. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi (R Square, uji F, dan uji t). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa kesadaran metakognitif berpengaruh terhadap kinerja dosen di perguruan tinggi. Adapun nilai R Square yang diperoleh sebesar 70,7%; nilai F sebesar 77,177 dengan signifikansi 0,000; dan nilai t yang diperoleh sebesar 8,785 dengan signifikansi sebesar 0,000.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Christoph, N. (2006). The role of metacognitive skills in learning to solve problems. Wagenigen: SIKS Dissertation Series.
Hacker, D. J., Dunlosky, J., & Graesser, A. C. (2009). Handbook of metacognition in education. New York: Routledge.
Kusumaningtyas, A. and Setyawati, E. (2015). Teacher performance of the state vocational high school teachers in surabaya. IJERE, 4 (2), 76-83.
Schraw, G. & Dennison, R. S. (1994). Assessing metacognitive awareness. Contempory Educational Psychology, 19, 460-475.
Slameto, Sulasmono, B. S., & Wardani, K. W. (2017). Peningkatan kinerja guru melalui pelatihan beserta faktor penentunya. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27 (2), 38-47.
Susanto, H. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2 (2), 197-212.
Wells, A. (2009). Metacognitive therapy for anxiety and depression. New York, NY: the Guildford Press.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##