Implementasi e-modul berbasis proyek untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa STKIP Qomaruddin Gresik

  • Muhammad Jamaluddin STKIP Qomaruddin Gresik
  • Roisatun Nisa' STKIP Qomaruddin Gresik
Kata Kunci: e-modul berbasis proyek, aktivitas belajar, hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika  STKIP Qomaruddin Gresik bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa menggunakan e-modul berbasis proyek. Jenis penelitian ini adalah Action Research dengan subjek penelitian adalah mahasiswa yang menempuh mata kuliah sistem evaluasi pembelajaran matematika. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi dan tugas proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar mahasiswa meningkat. Peningkatan dapat diketahui dari perbandingan skor aktivitas belajar pada mahasiswa siklus I dan siklus II. Pada tahap tindakan siklus I, Sebanyak 64%  mahasiswa tergolong sangat aktif, 36% mahasiswa tergolong aktif, pada tindakan siklus II Sebanyak 73% mahasiswa tergolong sangat aktif, 27% mahasiswa tergolong aktif. Peningkatan penilaian hasil belajar dapat diketahui dari perbandingan skor hasil belajar pada siklus I dan siklus II. Pada tahap tindakan siklus I, sebanyak 55% mahasiswa tergolong sangat tuntas,  sebanyak 41% mahasiswa tergolong tuntas, dan  sebanyak 4% mahasiswa  tergolong tidak  tuntas. Pada tahap tindakan siklus II, sebanyak 64% mahasiswa tergolong sangat tuntas,  sebanyak 36% mahasiswa tergolong tuntas.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Amirudin, A. dkk. 2015. Pengaruh Model Pembeajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi. Vol. 20. No.1. Jauari 2015.

Beres, P. J. (2011). Project-based learning and its effect on motivation in the adolescent mathematics classroom. Education and Human Development Master's Theses. State University of New York.

Beswick, K., Callingham, R. & Muir, T. (2012). Teaching mathematics in a project-based learning context: Initial teacher knowledge and perceive needs. Dalam Mathematics Education: Expanding Horizons: Proceeding of the 35th Annual Conference of the Mathematical Education Research Group of Australasia diselenggarakan pada 2-6 Juli 2012. Adelaide : Mathematics Education Research Group of Australasia.

Mayangsari, Sizillia N. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Project Based Learning (PjBL). LIKHITAPRAJNA Jurnal Ilmiah, Vol 19 Nom 2 e-ISSN: 2580-4812.

Patmanthara, Syaad. 2016. Implementasi model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa. Malang: Jurnal Tekno Vol 26 September 2016, ISSN: 1693-8739.

Poerwanti, Endang, & Dkk. 2008. Assesmen Pembelajaran. Jakarta : Depdiknas.

Setiadi, Heri. 2016. Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013. Jakarta: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol 20, No 3, Desember (166-178).
Diterbitkan
2019-02-04
Bagian
Research
Abstrak viewed = 347 times
PDF downloaded = 372 times