Meningkatkan proses dan hasil belajar matematika siswa pada materi persamaan linier dua variabel melalui model pembelajaran Think Talk Write (TTW)

  • Sri Wahyuningsih
Kata Kunci: Proses, Hasil Belajar, Think Talk Write (TTW)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan  ketercapaian pelaksanaan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW), (2) Meningkatkan  aktivitas siswa (3)  Hasil belajar  siswa, dan  (4) Mendeskripsikan  respon  siswa terhadap  Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada materi Persamaan Linier Dua Variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada materi Persamaan Linier Dua Variabel telah dilakukan oleh guru seluruhnya dari 80,77 % pada siklus I, 96,15 % pada siklus II, mengalami peningkatan 100% pada siklus III dengan kreteria sangat tinggi , (2) Aktivitas siswa 49,75 % pada siklus I, 75,75 % pada siklus II mengalami peningkatan pada siklus III 91,50 % dengan kreteria sangat aktif, (3) Hasil belajar siswa pada materi persamaan linier Dua Variabel setelah menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) menunjukkan adanya peningkatan dari 66,40 pada siklus I, 72,15 pada siklus II menjadi 83,55 pada siklus III dengan ketuntasan klasikal masing-masing 55 %, 70 % dan 100%. (4) respon siswa 95 % menyatakan bahwa mereka sangat senang belajar materi persamaan linier Dua Variabel dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Sehingga dapat disimpulkan bahwa  Model Pembelajaran  Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar matematika siswa  kelas VIIIA SMP Negeri  6 Pelaihari Pada Materi Persamaan Linier Dua Variabel

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Anas, Sudijono. 1996. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Atmono, Dwi. 2009. Panduan Praktis Penelitian Tindakan Kelas. Banjarbaru : Scripta Cendikia.

Hamdayana, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isrok’atun, Rosmala Amelia. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Diterbitkan
2019-01-04
Bagian
Research
Abstrak viewed = 424 times
PDF downloaded = 480 times