Meningkatkan proses dan hasil belajar matematika siswa pada materi persamaan linier dua variabel melalui model pembelajaran Think Talk Write (TTW)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan ketercapaian pelaksanaan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW), (2) Meningkatkan aktivitas siswa (3) Hasil belajar siswa, dan (4) Mendeskripsikan respon siswa terhadap Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada materi Persamaan Linier Dua Variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada materi Persamaan Linier Dua Variabel telah dilakukan oleh guru seluruhnya dari 80,77 % pada siklus I, 96,15 % pada siklus II, mengalami peningkatan 100% pada siklus III dengan kreteria sangat tinggi , (2) Aktivitas siswa 49,75 % pada siklus I, 75,75 % pada siklus II mengalami peningkatan pada siklus III 91,50 % dengan kreteria sangat aktif, (3) Hasil belajar siswa pada materi persamaan linier Dua Variabel setelah menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) menunjukkan adanya peningkatan dari 66,40 pada siklus I, 72,15 pada siklus II menjadi 83,55 pada siklus III dengan ketuntasan klasikal masing-masing 55 %, 70 % dan 100%. (4) respon siswa 95 % menyatakan bahwa mereka sangat senang belajar materi persamaan linier Dua Variabel dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIA SMP Negeri 6 Pelaihari Pada Materi Persamaan Linier Dua Variabel
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Atmono, Dwi. 2009. Panduan Praktis Penelitian Tindakan Kelas. Banjarbaru : Scripta Cendikia.
Hamdayana, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isrok’atun, Rosmala Amelia. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.