Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah (studi kasus pada siswa SMA materi barisan dan deret)

Students' mathematical reasoning ability in solving problems (case study of high school students on sequence and series)

  • Farah Ayyun Taqiya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aan Hasanah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Kartika Yulianti Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: barisan dan deret, penalaran matematis

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang kemampuan penalaran matematis siswa sekolah menengah atas dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret yang ada di kelas X. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dan dirancang sebagai studi kasus. Penelitian ini mengumpulkan data dengan menggunakan alat tes soal uraian yang terdiri dari lima soal. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XJ di salah satu SMA Negeri Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa dikategorikan rendah dengan persentase total 54,6%. Adapun rincian per indikatornya meliputi: 1) kemampuan menyajikan pernyataan matematika dengan gambar diperoleh 37,7% dalam kategori rendah, 2) kemampuan mengajukan dugaan diperoleh 57% dalam kategori sedang, 3) kemampuan memeriksa kesahihan diperoleh 50% dalam kategori rendah, 4) kemampuan memberikan alasan diperoleh 74% dalam kategori tinggi, dan 5) kemampuan membuat generalisasi diperoleh 66,5% dengan kategori sedang. Disimpulkan bahwa siswa sekolah menengah atas (SMA) memiliki kemampuan penalaran matematis yang cukup rendah pada materi deret dan barisan, terutama pada indikator kemampuan memeriksa kesahihan suatu argumen dan menyajikan pernyataan matematika melalui gambar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Farah Ayyun Taqiya, Universitas Pendidikan Indonesia

Jl. Dr. Setiabudi No 229, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Indonesia

Aan Hasanah, Universitas Pendidikan Indonesia

Jl. Dr. Setiabudi No 229, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Indonesia

Kartika Yulianti, Universitas Pendidikan Indonesia

Jl. Dr. Setiabudi No 229, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Indonesia

References

Agustin, R. D. (2016). Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa Melalui Pendekatan Problem Solving. Jurnal Pedagogia, 5(2), 179–188.

Akbar, G. A. M., Diniyah, A. N., Akbar, P., Nurjaman, A., & Bernard, M. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran dan Self Confidence Siswa SMA dalam Materi Peluang. Journal On Education, 1(1), 14–21.

Alfionita, F., & Hidayati, N. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 950–956.

Aprilianti, Y., & Zanthy, L. S. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga. Journal on Education, 8(1), 524–532.

Ario, M. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK Setelah Mengikuti Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah Edu Research, 5(2), 125–134.

Cahya, I. M., & Warmi, A. (2019). Analisis Tingkat Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 602–609.

Farida, A. R., Caswita, C., & Gunawibowo, P. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(7), 644–654.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skils dan Soft Skills Matematika Siswa (2nd ed.). PT Refika Aditama.

Hidayat, W., Wahyudin, W., & Prabawanto, S. (2018). Improving Students’ Creative Mathematical Reasoning Ability Students Through Adversity Quotient And Argument Driven Inquiry Learning. Journal of Physics: Conference Series, 948(012005), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012005

Hidayati, A., & Widodo, S. (2015). Proses Penalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga Berdasarkan Kemampuan Siswa di SMA Negeri 5 Kediri. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN) Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 1(2), 131–143.

Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal of Medives, 2(1), 107–115. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika/article/view/528

Mahmuzah, R., & Aklimawati, A. (2017). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Numeracy, 4(2), 71–80.

Muslimin, M., & Sunardi, S. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMA pada Materi Geometri Ruang. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 171–178. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.18323

Nababan, S. A. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Genta Mulia, 11(1), 6–12.

Permana, N. N., Setiani, A., & Nurcahyono, N. A. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM SUKA), 2(2), 51–60.

Putri, A. D., & Yuliani, A. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MA di Kabupaten Bandung Barat pada Materi Barisan dan Deret. Journal On Education, 1(2), 400–409.

Saputri, I., Susanti, E., & Aisyah, N. (2017). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking pada Materi Perbandingan Kelas VIII di SMPN 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 15–24.

Shadiq, F. (2009). Kemahiran Matematika. Depdiknas.

Siswandi, E., Sujadi, I., & Riyadi, R. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual pada Materi Segiempat Berdasarkan Analisis Newman ditinjau dari Perbedaan Gender (Studi Kasus pada Siswa Kelas VII SMPN 20 Surakarta). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(7), 633–643. http://jurnal.fkip.uns.ac.id

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–10.

Wahyuni, Z., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas X pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 3(1), 81–92.

Wau, H. A., Harefa, D., & Sarumaha, R. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis pada Materi Barisan dan Deret Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Toma Tahun Pembelajaran 2020/2021. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 41–49. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Afore

Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA pada Materi Limit Fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 409–414. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.409-414

Zakiyah, S., Imania, S. H., Rahayu, G., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematik Serta Self-Efficacy Siswa SMA. JPMI - Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 647–656.

Published
2024-01-05
How to Cite
Taqiya, F. A., Hasanah, A., & Yulianti, K. (2024). Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah (studi kasus pada siswa SMA materi barisan dan deret). Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 529-540. https://doi.org/10.33654/math.v9i3.2492
Abstract viewed = 163 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 161 times