Efektivitas permainan tradisional congklak terhadap hasil belajar matematika SD

The Effectiveness of Traditional Congklak Games to Improve Elementary School Mathematics Learning Outcomes

  • Fanny Rahmasari Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Wulan Sutriyani Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Muh Muhaimin Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
Keywords: efektivitas, media pembelajaran tradisional congklak, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai sejauh mana permainan tradisional congklak dapat mempengaruhi hasil pembelajaran konsep matematika, terutama dalam konteks materi bilangan cacah 1 hingga 1.000. Penelitian ini akan difokuskan pada cara  permainan ini dapat mempengaruh  proses pembelajaran siswa kelas 2 di SDN 3 Menganti. Untuk meraih tujuan ini, peneliti ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental. Penelitian dilaksanakan di SDN 3 Menganti dengan melibatkan 33 peserta didik kelas II sebagai sampel. Untuk mengumpulkan data, dilakukan uji normalitas serta homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media permainan tradisional congklak berdampak efektif terhadap hasil pembelajaran matematika dalam konteks bilangan cacah dari 1 hingga 1.000. Skor rata-rata meningkat dari 77,93 menjadi 91,21. Analisis statistik menunjukkan signifikansi sebesar 0,000 (2-tailed) (0.000) ,dengan nilai t-hitung sebesar – 5.567, sementara t-tabel adalah 2.051. Pemanfaatan alat pembelajaran tradisional congklak telah terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar anak, terutama di SDN 3 Menganti, dimana peserta didik kelas II menunjukkan perbedaan yang signifikan setelah mendapatkan perlakuan ini. Manfaat alat pembelajaran tradisional congklak terbukti efektif terhadap proses hasil belajar peserta didik. Khususnya di SDN 3 Menganti, anak kelas II menunjukkan perbedaan setelah diberikan perlakuan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fanny Rahmasari, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Jl. Taman Siswa, Pekeng, Kauman, Tahunan, Kec. Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59451, Indonesia

Wulan Sutriyani, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Jl. Taman Siswa, Pekeng, Kauman, Tahunan, Kec. Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59451, Indonesia

Muh Muhaimin, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Jl. Taman Siswa, Pekeng, Kauman, Tahunan, Kec. Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59451, Indonesia

References

Ahmad, T. Y. (2022). Pengaruh Media Congklak Dan Motivasi Terhadap Keterampilan Menghitung Perkalian Pada Siswa Kelas III Di SDN 1 Limboto Kab. Gorontalo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan …, November, 313–329. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1078
Amir, A., Azmin, N., Rubianti, I., & Olahairullah. (2021). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelaran Index Card Match Pada Pelajaran IPA Terpadu Jurnal PIPA: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal PIPA: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 02(01), 1–6. https://jurnal.habi.ac.id/index.php/JP-IPA
Ariansyah, K. (2017). Upaya Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri Liwa Lampung Barat. Skripsi, 1, 10. https://www.zonareferensi.com/pengertian-hasil-belajar/
Azzahroh, F., Supian, A., & Maharani, A. (2022). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Ctl Dengan Congklak Berhitung Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa. Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 7(1), 810–823.
Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2017). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016 / 2017. Journal of Civil Engineering and Vocational Education, 5(1), 2175–2182.
Muhaimin, M., Kartono, K., & Astuti, B. (2019). An Analysis of Sociomathematical Norms of Elementary School Students Through Collaborative Problem Solving Learning. Journal of Primary Education, 8(1), 67–74.
Nugroho, M. A., Muhajang, T., & Budiana, S. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 42–46. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2014
Prasetyo, E., & Hardjono, N. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Terhadap Minat Belajar Matematika (Mtk) Siswa Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Rahmawati, A. P., Anggraeni, D. S., Fitriyanti, Silviana, R. F., Indiani, S. A., & Yuwanti. (2021). Metode Pembelajaran “Bermain Sambil Belajar.” JPKM Cahaya Negeriku, 1(1), 17–22.
Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2020). Ethnomathematics (Teori dan implementasinya: Suatu pengantar). UAD Press.
Sormin, R. M. B., & Pasaribu, A. G. (2021). Metode Pembelajaran: Belajar Sambil Bermain Dalam Mengembangkan Minat Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Christian …, 5(2), 66–75. http://e-journal.iakntarutung.ac.id/index.php/humaniora/article/view/689
Sutriyani, W. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa PGSD Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara, 2(1), 155–165.
Verawati Wote, A. Y., Sasingan, M., & Yunita, K. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Congklak Pada Siswa Kelas II SD Inpres Wosia. International Journal of Elementary Education, 4(1), 107. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24384
Wulan, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Congklak Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SD Inpres 117 Buludoang.
Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14
Yayuk, E. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Matematika Untuk Mahasiswa PGSD Semester 6. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 172–182. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p172-182
Published
2023-12-28
How to Cite
Rahmasari, F., Sutriyani, W., & Muhaimin, M. (2023). Efektivitas permainan tradisional congklak terhadap hasil belajar matematika SD. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 508-518. https://doi.org/10.33654/math.v9i3.2466
Abstract viewed = 137 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 125 times