Pengembangan instrumen penilaian matematika berbasis literasi numerasi menggunakan aplikasi Quizizz
Development of numeracial literacy-based mathematics assessment instruments using the Quizizz application at MAN 2 Medan
Abstract
Penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang telah dimodifikasi menjadi sembilan tahapan ini melibatkan 103 siswa yang berasal dari MAN se kota Medan. Sedangkan objeknya merupakan instrumen penilaian matematika berbasis literasi numerasi menggunakan aplikasi Quizizz. Terdapat tiga data yang dibutuhkan pada penelitian yaitu data validitas yang berasal dari tiga ahli, data kepraktisan yang berasal dari angket kepraktisan serta data keefektifan yang berasal dari hasil uji coba dan skor angket respon siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka didapatkan data (1) validitas materi sebesar 4,08 yang termasuk kriteria valid, validitas media adalah 4,2 dengan kriteria sangat valid serta validitas bahasa sebesar 4,3 dengan kriteria sangat valid; (2) nilai kepraktisan produk sebesar 3,9 yang menunjukkan bahwa produk sudah praktis; (3) persentase ketuntasan siswa setelah mengikuti tes adalah 81,8% yang berada pada kategori sangat baik, dan (4) skor rata-rata hasil angket respon siswa 3,74 yang menunjukkan respon positif. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian instrumen penilaian matematika berbasis literasi numerasi menggunakan aplikasi Quizizz telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Downloads
References
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis (Y. N. I. Sari, Ed.). Bumi Aksara.
Afandi, F., Jafar, M. I., & Adnan, K. (2021). Hubungan Kemampuan Literasi Numerasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus II. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3), 423–430.
Amany, A. (2020). Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring Pelajaran Matematika. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 1–11. www.quizizz.com
Wardhani, D. A. P., & Oktiningrum, W. (2022). Pengembangan Soal AKM Bermuatan Etnomatematika dengan Media Canva untuk Mengukur Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. 11(4), 3860–3871. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6241
Badriyah, N. L. (2018). Analisis Instrumen Penilaian Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Bangunan [Skripsi]. Universitas Sebelas Maret.
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal), 3(1), 93–103.
Farman, F., & Yusryanto, Y. (2018). Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Problem Posing dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Konsep Lingkaran pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Karya Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Semarang, 5(2), 2339–2444. http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/index
Hamidah, M. H., & Wulandari, S. S. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS Menggunakan Aplikasi “Quizizz.” Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 18(1), 105–124. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v17i1.34895
Huljannah, M. (2021). Pentingnya Proses Evaluasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. EDUCATOR: Directory of Elementary Education Journal, 2(2), 164–180. https://doi.org/10.58176/edu.v2i2.157
Idrus, L. (2019). Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. ADAARA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935.
Jusuf, H. (2016). Penggunaan Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal TICOM, 5(1), 1–6.
Kristianti, N. (2019). Pengaruh Internet of Things (IoT) pada Education Business Model: Studi Kasus Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 13(2), 50–56.
Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya Evaluasi dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. Bintang: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 244–257. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran pada Materi Ruang Lingkup Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7.
Palupi, T. N. (2020). Tingkat Stres pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar dalam Menjalankan Proses Belajar di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JP3SDM, 9(2), 18–29.
Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2016). Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Kecemasan dalam Menghadapi Ujian pada Siswa Kelas IX di MTs Al Hikmah Brebes. Jurnal Hisbah, 13(1), 51–68.
Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 894–908. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3172
Rahmawati, D. N., Nisa, A. F., Astuti, D., Fajariyanti, F., & Suliyanti, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/ SD, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.35878/guru/v2.i1.335
Rahmawati, N. D., Komarudin, K., & Suherman, S. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Matematika Berbasis HOTS pada Calon Guru Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 860–871. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4893
Shiddiqi, A. M., Ijtihadie, R. M., Ahmad, T., Wibisono, W., Anggoro, R., & Santoso, B. J. (2020). Penggunaan Internet dan Teknologi IoT untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. SEWAGATI, Jurnal Direktorat Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat - DRPM ITS, 4(3), 235–240. https://zoom.us/j/91019044215?pwd=M05PMkh6YlRM
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Supriadi, N., Tazkiyah, D., & Isro, Z. (2021). Penerapan Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Jurnal Cakrawala Mandarin: Asosiasi Program Studi Mandarin Indonesia, 5(1), 42–51. https://Quizizz.it/
Wihartanti, L. V., Wibawa, R. P., Astuti, R. I., & Pangestu, B. A. (2019). Penggunaan aplikasi Quizizz berbasis smartphone dalam membangun kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran, 362–368.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)