Pengembangan modul pembelajaran matematika numerasi berbasis diferensiasi prisma dan limas

Development of prism and pyramid-based numeratic mathematics learning modules

  • Yanuar Dwi Andryani Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Naning Kurniawati Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Keywords: ADDIE, diferensiasi, modul pembelajaran, matematika numerasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berbentuk modul pembelajaran pada materi prisma dan limas. Modul yang dikembangkan dapat menunjang siswa belajar secara mandiri sesuai dengan tingkat kemampuan awal, menumbuhkan kreativitas dalam menyelesaikan masalah, serta melatih siswa menyelesaikan soal matematika pada berbagai jenis konteks. Metode penelitian menggunakan metode R&D dengan model penelitian serta pengembangan ADDIE. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar validasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli dan respon siswa.  Uji coba mendapatkan hasil sebagai berikut. (1) Hasil validasi modul oleh ahli materi mempunyai rerata keseluruhan sebesar 3,7 dengan kategori valid; (2) hasil validasi modul ahli media mempunyai rerata keseluruhan sebesar 4,2 dengan kategori valid; (3) persentase respon siswa pada saat uji coba terbatas sebesar 87% sangat layak; dan (4) persentase respon siswa pada saat uji lapangan sebesar 90% sangat layak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yanuar Dwi Andryani, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

Jl. A. Yani No.10, Bojonegoro, Indonesia

Naning Kurniawati, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

Jl. A. Yani No.10, Bojonegoro, Indonesia

References

Agusta, E. S. (2022). Peningkatan Kemampuan Penguasaan Konsep Matematis dengan Modul Berbasis Numerasi. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(1), 1–15.

Aprilia, S. R., & Setiawan, W. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMP Mutiara 5 Lembang pada Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 2029–2039.

Ataji, H. M. K., & Sujarwanta, A. (2020). Analisis Pentingnya Pengembangan Modul Berbasis Video Assistant Menggunakan Link QR Code Terintegrasi Al-Qur’an dan Hadis Materi SMA Sistem Reproduksi Manusia. BIOLOVA: Journal of Science and Biology Education, 1(1), 1–7. http://scholar.ummetro.ac.id/index.php/biolova/

Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01), 472–483.

Dama, Y. F., Bhoke, W., & Rawa, N. R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar SMP Kelas VIII. Jurnal Citra Pendidikan, 1(4), 610–618. http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/index

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal), 3(1), 93–103.

Fitri, A., Kurniawati, N., & Mubaroh, Z. (2021). Respon Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcome). Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 153–159.

Ilmiyah, N., & Fitri, A. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro. JAMES (Journal of Mathematics Education and Science), 3(1), 45–49. https://doi.org/10.32665/james.v3i1.135

Kurniawati, I., & Kurniasari, I. (2019). Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and Shape Ditinjau dari Kecerdasan Majemuk. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 441–448.

Linda, L., Bernard, M., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Segiempat dan Segitiga Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 233–242. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1066

Listiani, I. (2022). Optimalisasi Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Brain Based Learning. Geoducation: Journal of Geography Education Universitas Siliwangi, 3(2), 61–65. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geoducation

Martiyono, M., Sulastini, R., & Handajani, S. (2021). Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) dalam Mewujudkan Sekolah Efektif di SMP Negeri 1 Kebumen Kabupaten Kebumen Perspektif Manajemen Kurikulum dan Sistem Penilaian. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 5(2), 92–110. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v5i2.397

Puspitasari, V., Rufi’i, R., & Walujo, D. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creature untuk Pembelajaran BIPA di Kelas yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(4), 310–319.

Rezky, M., Hidayanto, E., & Parta, I. N. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Konteks Sosial Budaya pada Topik Geometri Jenjang SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1548–1562. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4879

Rustandi, A., & Rismayanti, R. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60.

Sari, D. R., Lukman, E. N., & Wahid, M. R. M. (2021). Analisis Kemampuan Siswa SD dalam Menyelesaikan Soal Geometri Asesmen Kompetensi Minimum. JPG (Jurnal Pendidikan Guru), 2(4), 186–190.

Setyadi, A., & Saefudin, A. A. (2019). Pengembangan modul matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk siswa kelas VII SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 12–22. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.16771

Siagian, M. D. (2017). Pembelajaran Matematika dalam Perspektif Konstruktivisme. NIZHAMIYAH: Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, 7(2), 61–73.

Sugiarti, N., & Mulyono, M. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Insan Mulya Kota Baru Driyorejo Gresik. Bapala, 9(9), 157–164.

Ulumiyah, N., Ismanto, I., & Ilmiyah, N. (2022). Hasil Belajar Matematika dengan Bentuk Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). JAMES (Journal of Mathematics Education and Science), 5(1), 31–36. https://doi.org/10.32665/james.v5i1.250

Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. JPM (Jurnal Pendidikan MIPA), 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620

Zaqiyah, K., Lutfiyah, L., & Sulisawati, D. N. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung. LAPLACE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 151–162. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.381

Published
2023-10-07
How to Cite
Andryani, Y. D., & Kurniawati, N. (2023). Pengembangan modul pembelajaran matematika numerasi berbasis diferensiasi prisma dan limas. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 434-445. https://doi.org/10.33654/math.v9i3.2413
Abstract viewed = 472 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 382 times