Efektivitas model pembelajaran creative problem-solving terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal HOTS di SMP negeri 2 Langowan kelas VIII

The effectiveness of creative problem-solving learning models on students' ability to solve HOTS questions at SMP Negeri 2 Langowan class VIII

  • Angela Fern Mandey Universitas Negeri Manado
  • Anetha Lyta Flora Tilaar Universitas Negeri Manado
  • Nicky Kurnia Tumalun Universitas Negeri Manado
Keywords: HOTS, model pembelajaran, creative problem-solving, efektivitas model pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam pengajaran informasi sistem persamaan linear satu variabel dan meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah yang memerlukan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Dengan menggunakan desain eksperimen semu, penelitian ini membagi siswa menjadi dua kelompok: satu kelompok yang menerima pembelajaran dengan menggunakan model CPS, dan satu lagi yang menerima pembelajaran dengan menggunakan metode yang lebih konvensional. Seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Langowan tahun ajaran 2022-2023 menjadi bagian dalam penelitian ini. Kelas VIII B sebagai kelompok kontrol dan kelas VIII C sebagai kelompok eksperimen; 25 siswa dari setiap kelompok menjadi sampel. Ujian, lembar observasi, dan angket digunakan untuk mengumpulkan data. Metode deskriptif dan inferensial digunakan untuk menganalisis data. Hasilnya menunjukkan bahwa dibandingkan dengan kelompok kontrol, rata-rata kinerja kelompok eksperimen lebih baik. Tidak hanya itu, komentar siswa terhadap paradigma pembelajaran CPS sangat menarik, dan tingkat partisipasi mereka di kelas eksperimen terus meningkat. Temuan menunjukkan bahwa paradigma pembelajaran CPS berhasil dalam situasi khusus ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Angela Fern Mandey, Universitas Negeri Manado

Jl. Kampus Unima, Tonsaru, Tondano Selatan, Minahasa, Sulawesi Utara 95618

Anetha Lyta Flora Tilaar, Universitas Negeri Manado

Jl. Kampus Unima, Tonsaru, Tondano Selatan, Minahasa, Sulawesi Utara 95618

Nicky Kurnia Tumalun, Universitas Negeri Manado

Jl. Kampus Unima, Tonsaru, Tondano Selatan, Minahasa, Sulawesi Utara 95618

References

Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 1, 170–176. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Driana, E., & Ernawati, E. (2019). Teachers’ Understanding and Practices in Assessing Higher Order Thinking Skills at Primary Schools. Acitya: Journal of Teaching & Education, 1(2), 110–118. http://journals.umkt.ac.id/index.php/acitya

Hadi, A., & Ramadhana, R. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Kelas VIII A MTs Negeri 2 Makassar. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 46–54.

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187–203. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Isrok’atun, I., & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika (B. S. Fatmawati, Ed.). PT Bumi Aksara.

Kadir, K. (2017). Statistika Terapan: Konsep, Contoh, dan Analisis Data dengan SPSS atau Lisrel dalam Penelitian (3rd ed.). Raja Grafindo Persada.

Lie, A., Tamah, S., Gozali, I., & Triiwidayati, K. (2020). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (T. Utami, Ed.). PT Kanisius.

Muhali, M. (2021). Pengaruh Implementasi Model Creative Problem Solving terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah, Keterampilan Proses Sains, dan Kesadaran Metakognisi Peserta Didik. Lensa : Jurnal Kependidikan Fisika, 9(1), 45–57. https://doi.org/10.33394/j

Munthe, S. A., Tambunan, L. O., & Sauduran, G. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi SPLDV di SMP Negeri 1 Panei. Journal on Education, 5(2), 4426–4436.

Mushlihah, K., Yetri, Y., & Yuberti, Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multi Representasi Bermuatan Sains Keislaman dengan Output Instagram pada Materi Hukum Newton. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 207–215. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index

Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252

Nugroho, R. A. (2018). HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-soal). PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Oktaviani, A., & Nugroho, S. (2015). Penerapan Model Creative Problem Solving pada Pembelajaran Kalor untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Komunikasi. Unnes Physics Education Journal, 4(1), 26–31.

Pratiwi, N. P. W., Dewi, N. L. P. E. S., & Paramartha, A. A. G. Y. (2019). The Reflection of HOTS in EFL Teachers’ Summative Assessment. Journal of Education Research and Evaluation, 3(3), 127–133. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JERE

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257–269.

Selegi, S. F. (2019). Analisis Kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Melalui Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mahasiswa. Jurnal SWARNABHUMI: Jurnal Geografi Dan Pembelajaran Geografi, 4(1), 24–34.

Sugiyono, S. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods) (Sutopo, Ed.; 2nd ed., Vol. 1). Alfabeta.

Toifur, I., & Setyowati, E. (2022). Analisis Butir Soal Simulasi Ujian Sekolah Mata Pelajaran Matematika SMA Negeri 1 Salaman. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 28–39.

Unaradjan, D. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (1st ed.). Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Wahyuni, R., Mariyam, M., & Sartika, D. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 26–31.

Published
2024-01-17
How to Cite
Mandey, A. F., Tilaar, A. L. F., & Tumalun, N. K. (2024). Efektivitas model pembelajaran creative problem-solving terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal HOTS di SMP negeri 2 Langowan kelas VIII. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 541-551. https://doi.org/10.33654/math.v9i3.2406
Abstract viewed = 44 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 53 times