Pengembangan perangkat pembelajaran visual thinking disertai aktivitas quick on the draw pada mata kuliah metode numerik

  • Septi Dariyatul Aini Universitas Madura
  • Sri Irawati Universitas Madura
Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Visual Thinking, Quick on the Draw, Metode Numerik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran mata kuliah metode numerik semester genap dengan pembelajaran visual thinking disertai aktivitas quick on the draw pada hasil belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE (Analysis; Design; Development; Implementation; Evaluation). Subjek penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa kelas A semester IV Pendidikan Matematika Universitas Madura. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPM, LKM, dan THB. Dari hasil validasi ahli, skor observasi aktivitas dosen dan mahasiswa, tes hasil belajar, dan angket respon mahasiswa menunjukkan bahwa RPM, LKM, dan THB adalah valid, praktis, dan efektif. Dinyatakan valid karena koefisien validitas RPM, LKM, dan THB memiliki nilai rata-rata 3,79. Praktis karena rata-rata skor aktivitas dosen dan mahasiswa berturut-turut sebesar 3,78 (sangat baik) dan 3,38 (baik). Dan efektif karena respon mahasiswa 84,76% (positif); dan hasil tes sebesar 85,71% (tuntas secara klasikal).

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Arcavi, A. (2003). The role of visual representations in the learning of mathematics. Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 29 (3), 401-420.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Atiqah, Hanifatul. (2016). Pembelajaran menggunakan model LC 5E-STAD dalam upaya meningkatkan hasil belajar fungsi kuadrat dan fungsinya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura, tanggal 28 Mei 2016. Pamekasan: Universitas Madura.

Eisenberg, T. (1994). On the understanding the reluctance to visualize in mathematics. Zentralblatt fur Didaktik der Mathematik, 26 (4), 109-113.

Ginnis, P. (2008). Trik dan taktik mengajar. Jakarta: PT. Indeks.

Lavy, I. (2006). Dynamic visualization and the case of stars in cages. Proceedings 30th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education organized by Charles University Faculty of Education, on July 16-21, 2006. Prague: PME.

Munir, Rinaldi. (2010). Metode numerik. Bandung: Informatika.

Nahrowi. (2016). Pembelajaran menggunakan model LC 5E-STAD dalam upaya meningkatkan hasil belajar fungsi kuadrat dan fungsinya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura, tanggal 28 Mei 2016. Pamekasan: Universitas Madura.

Stylianou, D. A., & Silver, E. A. (2004). The role of visual representations in advance mathematical problem solving: an examination of expert-novice similarities and differences. Journal of Mathematical Thinking and Learning, 6(4), 353-387.

Parta, I Nengah. (2009). Pengembangan model pembelajaran inquiri untuk memperhalus pengetahuan matematika mahasiswa calon guru melalui pengajuan pertanyaan. Disertasi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Surabaya.

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif progresif. Surabaya: Kencana Perdana Media Group.
Diterbitkan
2019-01-30
Bagian
Research
Abstrak viewed = 297 times
PDF downloaded = 349 times