Hambatan belajar siswa pada konsep volume kubus dan balok

Student’s obstacles in learning volume of cube and cuboid

  • Gita Safitri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dadan Dasari Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: hambatan belajar, volume kubus, volume balok

Abstract

Konsep volume merupakan konsep yang signifikan diajarkan mulai dari sekolah dasar hingga level sekolah menengah atas. Akan tetapi, banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam mempelajari konsep volume khususnya konsep volume kubus dan balok. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan belajar yang terjadi pada siswa sekolah menengah pertama terkait konsep volume kubus dan balok. Metode penelitian ini menggunakan paradigm interpretif yang merupakan bagian dari Didactical Design Research (DDR). Data analisis diperoleh dari tes yang terdiri dari 5 soal terkait volume kubus dan balok, diberikan kepada 13 siswa dari salah satu sekolah menengah pertama di Kota Jambi; dan wawancara dengan 3 siswa yang diindikasikan mengalami hambatan belajar. hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami ketiga jenis hambatan belajar; epistemological obstacles, ontogenic obstacles, dan didactical obstacles. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh peneliti lain sebagai bahan pertimbangan dalam merancang desain pembelajaran terkait konsep volume kubus dan balok, kemudian menganalisis proses implementasi desain tersebut hingga dirancang sebuah desain didaktis revisi berdasarkan hasil implementasi desain sebelumnya. Melalui desain ini dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran dalam upaya meminimalisir terjadinya hambatan belajar, sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Gita Safitri, Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154, Jawa Barat, Indonesia

Dadan Dasari, Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154, Jawa Barat, Indonesia

References

Ausubel, D. P. (1963). The Psychology of Meaningful Verbal Learning. Grune & Stratton.

Ausubel, D. P. (1968). Educational Psychology: A Cognitive View. Holt, Rinehart, and Winston, Inc.

Battista, M. T. (1999). Fifth graders’ enumeration of cubes in 3D arrays: Conceptual progress in an inquiry-based classroom. Journal for Research in Mathematics Education, 30(4), 417–448. https://doi.org/10.2307/749708

Ben-Haim, D., Lappan, G., & Houang, R. T. (1985). Visualizing rectangular solids made of small cubes: Analyzing and effecting students’ performance. Educational Studies in Mathematics, 16(4), 389–409.

Brousseau, G. (2002). Theory of Didactical Situations in Mathematics. In Theory of Didactical Situations in Mathematics. Kluwer Academic Publishers. https://doi.org/10.1007/0-306-47211-2

Chiphambo, S. M., & Mtsi, N. (2021). Exploring Grade 8 Students’ Errors When Learning About the Surface Area of Prisms. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 17(8), 1–10. https://doi.org/10.29333/EJMSTE/10994

Hariyomurti, B., Prabawanto, S., & Jupri, A. (2020). Learning Obstacle Siswa dalam Pembelajaran Barisan dan Deret Aritmetika. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 283–292.

Hatziminadakis, S. (2018). Students’ opportunity to learn surface area and volume in middle grades mathematics textbooks. In Dissertation Abstracts International Section A: Humanities and Social Sciences: Vol. I (Issue November). https://libweb.lib.utsa.edu/login?url=https://www.proquest.com/docview/2218618049?accountid=7122%0Ahttps://utsa.primo.exlibrisgroup.com/openurl/01UTXSANT_INST/01UTXSANT_INST:DEFAULT??url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info:ofi/fmt:kev:mtx:dissertation&genre=

Hirstein, J. J. (1981). The second national assessment in mathematics: A rea and volume. Mathematics Teacher, 74(9), 704–708.

Istiqomah, D. N., Suryadi, D., & Kusnandi. (2016). Desain Didaktis Konsep Perbandingan Segmen Garis pada Pembelajaran Matematika SMP. In MONOGRAF : DIDACTICAL DESIGN RESEARCH (DDR) (pp. 88–95). RIZQI PRESS.

Kohar, A. W., Fachruddin, A. D., & Widadah, S. (2021). Facilitating Students’ Multiple Intelligences through RME: A Learning Trajectory of Volume and Surface Area Measurement. Inomatika, 3(1), 27–50. https://doi.org/10.35438/inomatika.v3i1.248

Kumar, R. S., & Subramaniam, K. (2015). From “Following” to “Going Beyond” The Textbook: In-Service Indian Mathematics Teachers’ Professional Development for Teaching Integers. Australian Journal of Teacher Education, 40(12), 85–103. https://doi.org/10.14221/ajte.2015v40n12.7

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc. www.nctm.org

Rachma, A. A., & Rosjanuardi, R. (2021). Students’ Obstacles in Learning Sequence and Series Using Onto-Semiotic Approach. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 115–132. https://doi.org/10.22342/jpm.15.2.13519.115-132

Suryadi, D. (2019a). Landasan Filosofis Penelitian Desain Didaktis (DDR). Gapura Press.

Suryadi, D. (2019b). Penelitian Desain Didaktis (DDR) dan Implementasinya (A. S. Maulida (ed.)). Gapura Press.

Tan Sisman, G., & Aksu, M. (2016). A Study on Sixth Grade Students’ Misconceptions and Errors in Spatial Measurement: Length, Area, and Volume. International Journal of Science and Mathematics Education, 14(7), 1293–1319. https://doi.org/10.1007/s10763-015-9642-5

Tekin-Sitrava, R. (2018). The Nature of Middle School Mathematics Teachers’ Subject Matter Knowledge: The Case of Volume of Prisms. International Journal of Educational Sciences, 74(1), 22–30. https://doi.org/10.31901/24566322.2016/12.01.04

Vasilyeva, M., Ganley, C. M., Casey, B. M., Dulaney, A., Tillinger, M., & Anderson, K. (2013). How Children Determine the Size of 3D Structures: Investigating Factors Influencing Strategy Choice. Cognition and Instruction, 31(1), 29–61. https://doi.org/10.1080/07370008.2012.742086

Voulgaris, S., & Evangelidou, A. (2004). Volume conception in late primary school children in Cyprus. Quaderni Di Ricerca in Diddattica, 14, 1–31.

Wahyuningrum, A. S., Suryadi, D., & Turmudi, T. (2019). Learning Obstacles among Indonesian Eighth Graders on Ratio and Proportion. Journal of Physics: Conference Series, 1320(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1320/1/012046

Published
2022-08-30
How to Cite
Safitri, G., & Dasari, D. (2022). Hambatan belajar siswa pada konsep volume kubus dan balok. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 163-173. https://doi.org/10.33654/math.v8i2.1844
Abstract viewed = 371 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 306 times