Kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa dengan model project based blended learning pada siswa kelas XI SMA
Creative thinking ability and student learning motivation with project based blended learning model for students of class XI
Abstract
Tujuan dari penelitian yaitu mendeskripsikan kemampuan siswa dalam berpikir kreatif dan motivasi belajar yang dimiliki siswa selama memperoleh model pembelajaran Project Based Blended Learning (PjB2L) dengan descriptive feedback di kelas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 2 Rembang dengan 6 subjek penelitian yang dipilih berdasarkan tingkatan motivasi belajar siswa tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data melalui tes, observasi, wawancara dan angket. Indikator yang digunakan pada kemampuan berpikir kreatif meliputi berpikir lancar, luwes, orisinal dan rinci. Hasil dari penelitian yaitu bahwa siswa pada kategori motivasi belajar yang tinggi memenuhi 4 indikator pada kemampuan berpikir kreatif. Siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi aktif pada saat pembelajaran dan belajar rajin latihan soal. Pada siswa pada kategori motivasi belajar yang cukup atau sedang, mampu memenuhi 3 indikator. Siswa dengan kategori rendah, hanya dapat memenuhi 1 indikator berpikir kreatif. Model PjB2L dengan descriptive feedback ini menjadi model pembelajaran yang inovatif dan meningkatkan kreativitas pada saat pembelajaran matematika.
Downloads
References
Ariani, N. (2017). Peningkatan kemampuan representasi matematis dan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) di kelas VII SMP. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 3(1), 39. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/sigma/article/view/1280/1263
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Ayu, R., & Tri, A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Penerapan Blended Project Based Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(2), 2437–2446.
Baser, D., Ozden, M., & Karaarslan, H. (2017). Collaborative Project Based Learning: An Integrative Science and Technological Education Project. Research Science & Technological Education, 35(2), 131–148.
Bilgin, I., Karakuyu, Y., & Ay, Y. (2015). The Effect of Project Based Learning on Undergraduate Students’ Achievement and Self-Efficacy Beliefs Toward Science Teaching. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 11(3), 469–477.
Chua, H. L., Lee, S. H., & Fulmer, G. W. (2017). Action Research on the Effect of Descriptive and Evaluative Feedback Order on Student Learning in a Specialized Mathematics and Science Secondary School. Asia-Pacific Science Education, 3(1). https://doi.org/10.1186/S41029-017-0015-Y
Eftafiyana, S., Nurjanah, S. A., Amania, M., Sugandi, A. I., & Fitriani, N. (2018). Hubungan antara Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMP yang Menggunakan Pendekatan Creative Problem Solving. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 2(2), 85–92.
Ermistri, A. I. (2017). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Berpikir Kreatif Matematis pada Siswa di Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(6).
Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Universitas Hamzanwadi Press.
Hapsari, D. I., Airlanda, G. S., & Susiani. (2019). Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 194–204.
Hsieh, H., Lou, S., & Shih, R. (2013). Applying Blended Learning with Creative Project-Based Learning : A Case Study of Wrapping Design Course for Vocational High School Students. The Online Journal of Science and Technology, 3(2), 18–27.
Huriyanti, L., & Rosiyanti, H. (2017). Perbedaan Motivasi Belajar Matematika Siswa setelah Menggunakan Strategi Pembelajaran Quick On The Draw. FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 3(1), 65–76. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1730/1763
Husamah. (2014). Pembelajaran BAURAN (Blended Learning). Prestasi Pustaka.
Khairunnisa, I., Ariyanto, L., & Endahwuri, D. (2021). Analisis Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(6), 527–534.
Kinzer, C. (2013). Feedback to Support Learning in the Leadership Institute for Teachers Let us know how access to this document benefits you . 10(3).
Lestari, K. E., Yudhanegara, M., & Ridwan. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. (Anna, ed.). In PT. Refika Aditama.
Li, Y.-X., Lai, H.-M., & Chen, C.-P. (2017). A Scientometric Review of the Current Status and Emerging Trends in Project-Based Learning. International Journal of Information and Education Technology, 7(8), 581–584. https://doi.org/10.18178/ijiet.2017.7.8.935
Miao, Z., & Reynolds, D. (2017). The Effectiveness of Mathematics Teaching in Primary Schools: Lessons from England and China. The Effectiveness of Mathematics Teaching in Primary Schools: Lessons from England and China, 1–179. https://doi.org/10.4324/9781315563763
Octariani, D., & Rambe, I. H. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMA. Genta Mulia, XI(1), 126–130. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/400
Qhosola, M. R. (2017). Enhancing the teaching and learning of auditing: The case for descriptive feedback. Perspectives in Education, 35(2), 30–44. https://doi.org/10.18820/2519593X/pie.v35i2.3
Rodgers, C. (2018). Descriptive feedback: student voice in K-5 classrooms. Australian Educational Researcher, 45(1), 87–102. https://doi.org/10.1007/s13384-018-0263-1
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Sukestiyarno. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. UNNES Press.
Sulfiani, B. (2021). Kemampuan Berkolaborasi dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa: Pengaplikasian Project Based Learning. Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH), 4(1), 21–31. https://doi.org/10.51454/jimsh.v4i1.372
Usman, M. R. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linear Satu Variabel Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Makassar. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 110-118.
Wahyudi, W., Waluya, S. B., Suyitno, H., & Isnarto, I. (2020). The Impact of 3Cm Model within Blended Learning to Enhance Students ’ Creative Thinking Ability. Journal of Technology and Science Education, 10(1), 32–46.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)