Kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS materi barisan dan deret aritmetika berdasarkan gender

Problem-solving ability and mathematical disposition of students in solving HOTS problems of arithmetic sequences and sequences based on gender

  • Nurapni Sopia STKIP Persada Khatulistiwa
  • Devia Ananda STKIP Persada Khatulistiwa
  • Fajar Nur Afifah STKIP Persada Khatulistiwa
Keywords: pemecahan masalah matematika, HOTS, disposisi matematika, gender

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis mempunyai peran dominan dalam pembelajaran  matematika. Sehingga dunia pendidikan perlu menyiapkan generasi baru agar dapat berpikir kritis, analitis, logis, sistematis, kreatif, berkolaborasi dan memecahkan masalah HOTS. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa berdasarkan gender. Adapun metode deskriptif kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini dengan instrumen tes berupa soal HOTS dan wawancara yang berkaitan dengan indikator pemecahan masalah serta angket disposisi matematis yang diberikan kepada 8 siswa dari 34  siswa kelas X MAN 1 Sintang yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Adapun teknik analisis data yang digunakan berupa kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan gender memiliki karakteristik dan keunggulan yang berbeda dalam: 1) memahami masalah; 2) membuat rencana penyelesaian masalah; 3) menyelesaikan masalah; dan 4) memeriksa kembali. Selanjutnya, disposisi matematis berdasarkan gender memiliki perbedaan yang signifikan. Disposisi matematis siswa laki-laki lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa perempuan. Hal tersebut membuktikan bahwa disposisi matematis bukan syarat absolut agar siswa dapat menyelesaikan soal HOTS materi barisan dan deret aritmetika.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nurapni Sopia, STKIP Persada Khatulistiwa

STKIP Persada Khatulistiwa, Jl. Pertamina KM 4, Sengkuang, Sintang, Sintang, Kalimantan Barat, Indonesia

Devia Ananda, STKIP Persada Khatulistiwa

STKIP Persada Khatulistiwa, Jl. Pertamina KM 4, Sengkuang, Sintang, Sintang, Kalimantan Barat, Indonesia

Fajar Nur Afifah, STKIP Persada Khatulistiwa

STKIP Persada Khatulistiwa, Jl. Pertamina KM 4, Sengkuang, Sintang, Sintang, Kalimantan Barat, Indonesia

References

Amalia, D., & Hadi, W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematis. Transformasi, 4(1), 219-236, https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.904.

Cahyono, B. (2015). Korelasi Pemecahan Masalah dan Indikator Berfikir Kritis. Jurnal Pendidikan MIPA, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.21580/phen.2015.5.1.87.

Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Edumatica, 7(1), 268-279, https://doi.org/10.22437/edumatica.v7i01.3874.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., dan Soemarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa.

Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan.

Lestari, K. E. dan Y. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Manurung. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta : Halaman Moeka Publishing

Mariam, S., Rohaeti, E. E., & Sariningsih, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Aliyah pada Materi Pola Bilangan. Journal on Education, 1(2), 156-162, https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.40.

Noriza, K. & S. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Kelas X pada Pembelajaran Berbasis Masalah. Journal of Mathematics Education Research, 4(2), 66-75.

OECD. (n.d.). Programme for international student assessment (PISA) results from PISA 2018.

Padillah Akbar, Abdul Hamid, M. B. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XI SMA Putra Juang dalam Materi Peluang. Cendekia, 2(1), https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62.

Pratiwi, C. D. (2020). Analisis Kemampuan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots (High Order Thinking Skills) Pada Tingkatan C6. Didaktik, 6(3), 287–295, https://doi.org/10.33654/math.v6i3.1024.

Rambe, A. Y. F., & Afri, D. L. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret. Axiom, 9(2), 175-187, http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069.

Rohman, A. A., Sholihah, N., & Maslihah, S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Disposisi Matematis Peserta Didik Dan Gender Kelas Vii. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 383–390.

Rosmayadi, N. H. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP dengan Gaya Belajar Kognitif Field Dependent. Math Didactic: Jurnal, Pendidikan Matematika, 6(2), 198-211, https://doi.org/10.33654/math.v6i2.917.

Saputri, A. E., & Hadi, W. (2021). Pengembangan E-book Bermuatan High Order Thinking Skill (HOTS). 10(2),1008-1021, http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3578

TIMSS, ―TIMSS. (2015). International Result Mathematics.

Yusuf Hartono. (2014). Matematika : Strategi Pemecahan Masalah.

Published
2022-08-30
How to Cite
Sopia, N., Ananda, D., & Afifah, F. N. (2022). Kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS materi barisan dan deret aritmetika berdasarkan gender. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 192-202. https://doi.org/10.33654/math.v8i2.1835
Abstract viewed = 265 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 205 times