Kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS materi barisan dan deret aritmetika berdasarkan gender
Problem-solving ability and mathematical disposition of students in solving HOTS problems of arithmetic sequences and sequences based on gender
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis mempunyai peran dominan dalam pembelajaran matematika. Sehingga dunia pendidikan perlu menyiapkan generasi baru agar dapat berpikir kritis, analitis, logis, sistematis, kreatif, berkolaborasi dan memecahkan masalah HOTS. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa berdasarkan gender. Adapun metode deskriptif kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini dengan instrumen tes berupa soal HOTS dan wawancara yang berkaitan dengan indikator pemecahan masalah serta angket disposisi matematis yang diberikan kepada 8 siswa dari 34 siswa kelas X MAN 1 Sintang yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Adapun teknik analisis data yang digunakan berupa kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan gender memiliki karakteristik dan keunggulan yang berbeda dalam: 1) memahami masalah; 2) membuat rencana penyelesaian masalah; 3) menyelesaikan masalah; dan 4) memeriksa kembali. Selanjutnya, disposisi matematis berdasarkan gender memiliki perbedaan yang signifikan. Disposisi matematis siswa laki-laki lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa perempuan. Hal tersebut membuktikan bahwa disposisi matematis bukan syarat absolut agar siswa dapat menyelesaikan soal HOTS materi barisan dan deret aritmetika.
Downloads
References
Amalia, D., & Hadi, W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematis. Transformasi, 4(1), 219-236, https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.904.
Cahyono, B. (2015). Korelasi Pemecahan Masalah dan Indikator Berfikir Kritis. Jurnal Pendidikan MIPA, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.21580/phen.2015.5.1.87.
Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Edumatica, 7(1), 268-279, https://doi.org/10.22437/edumatica.v7i01.3874.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., dan Soemarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa.
Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan.
Lestari, K. E. dan Y. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Manurung. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta : Halaman Moeka Publishing
Mariam, S., Rohaeti, E. E., & Sariningsih, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Aliyah pada Materi Pola Bilangan. Journal on Education, 1(2), 156-162, https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.40.
Noriza, K. & S. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Kelas X pada Pembelajaran Berbasis Masalah. Journal of Mathematics Education Research, 4(2), 66-75.
OECD. (n.d.). Programme for international student assessment (PISA) results from PISA 2018.
Padillah Akbar, Abdul Hamid, M. B. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XI SMA Putra Juang dalam Materi Peluang. Cendekia, 2(1), https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62.
Pratiwi, C. D. (2020). Analisis Kemampuan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots (High Order Thinking Skills) Pada Tingkatan C6. Didaktik, 6(3), 287–295, https://doi.org/10.33654/math.v6i3.1024.
Rambe, A. Y. F., & Afri, D. L. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret. Axiom, 9(2), 175-187, http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069.
Rohman, A. A., Sholihah, N., & Maslihah, S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Disposisi Matematis Peserta Didik Dan Gender Kelas Vii. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 383–390.
Rosmayadi, N. H. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP dengan Gaya Belajar Kognitif Field Dependent. Math Didactic: Jurnal, Pendidikan Matematika, 6(2), 198-211, https://doi.org/10.33654/math.v6i2.917.
Saputri, A. E., & Hadi, W. (2021). Pengembangan E-book Bermuatan High Order Thinking Skill (HOTS). 10(2),1008-1021, http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3578
TIMSS, ―TIMSS. (2015). International Result Mathematics.
Yusuf Hartono. (2014). Matematika : Strategi Pemecahan Masalah.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)