Pengembangan media pembelajaran matematika bisnis berbasis macromedia flash
Development of business mathematics learning media based on macromedia flash
Abstract
Media pembelajaran merupakan sarana penunjang pembelajaran untuk membantu merangsang pikiran, serta memudahkan menyampaikan informasi dari dosen ke mahasiswa atau sebaliknya. Dengan adanya media pembelajaran yang interaktif, dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar mahasiswa, sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan lebih efektif. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah mengembangkan media pembelajaran matematika bisnis berbasis macromedia flash yang interaktif agar nantinya mampu meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Media pembelajaran yang dikembangkan dibatasi pada materi fungsi linier dan penerapannya di bidang bisnis, khususnya bisnis pelayaran. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (Research and Development), yang mempergunakan model pengembangan Borg & Gall yang telah dimodifikasi. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester I Program Studi Manajemen Pelabuhan, Program Diploma Pelayaran-Universitas Hang Tuah Surabaya. Media yang dikembangkan memuat tentang layer judul, petunjuk penggunaan, capaian pembelajaran, materi, latihan, evaluasi, profil pengembang. Hasil media pembelajaran yang telah dikembangkan layak untuk digunakan, serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Media pembelajaran yang dikembangkan hanya pada pokok bahasan penerapan fungsi linier, khususnya dibidang bisnis pelayaran, sehingga perlu dikembangkan media pembelajaran untuk mata kuliah dan pokok bahasan yang lainnya. Perlu juga ditambahkan video dan audio, sehingga mahasiswa dapat belajar secara mandiri.
Downloads
References
Abdurrahman, M. (2012). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahern, T. C. (2016). A Waterfall Design Strategy for Using Social Media for Instruction. Journal of Educational Technology Systems, 44(3), 332–345. https://doi.org/10.1177/0047239515615853
Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–29. https://doi.org/10.24269/dpp.v3i1.157
Fahmi, S. . (2014). Pengembangan Multimedia Macromedia Flash dengan Pendekatan Kontekstual dan Keefektifannya terhadap Sikap Siswa pada Matematika. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.21831/pg.v9i1.9071
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Hariyanto, P., & Endraswara, S. (2016). Pengembangan media macromedia flash untuk pembelajaran membaca dan menulis bahasa Indonesia di SMA. LingTera. https://doi.org/10.21831/lt.v3i1.8475
Kalangi, J. B. (2009). Matematika Ekonomi dan Bisnis (4th ed.). Jakarta: Salemba Empat.
Khairani, Majidah. (2016). Pengembangan media pembelajaran dalam bentuk macromedia flash materi tabung untuk SMP kelas IX. Jurnal Iptek Terapan, 10(2). https://doi.org/10.22216/jit.2016.v10i2.422
Kusumadewi, O. . (2013). Keefektifan CTL Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Segiempat. Kreano - Jurnal Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, 4(1), 57–63. https://doi.org/10.15294/kreano.v4i1.2887
Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014
Priandana, V., & Asto B, I. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Software Macromedia Flash Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Macam-macam Gerbang Dasar Rangkaian Logika Di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1), 177–181.
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sadiman, A. (2011). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukamto, E. B., & Senam, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbantuan Komputer dengan Program Macromedia Flash 8. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 143–156. https://doi.org/10.21831/tp.v2i2.7604
Syaiful Bahri Djamarah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Teni Nurrita. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171–187.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)