Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android dengan konteks lingkungan lahan basah untuk siswa SMP
Development of android-based mathematics learning media with wet land environment context for junior high school student
Abstract
Pandemi Covid-19 yang mensyaratkan pembelajaran di kelas sesuai dengan protokol kesehatan menjadikan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam dunia pembelajaran meningkat. Inovasi dalam pendidikan sangat diperlukan untuk mengurangi kejenuhan siswa khususnya pada media pembelajaran. Sistem operasi android membantu pengembangan media pembelajaran dalam bentuk aplikasi. Konsep TIK dan kearifan lokal dapat disandingkan selaras dalam pembelajaran lewat bantuan media pembelajaran yang baik untuk pembelajaran yang lebih bermakna. Kalimantan selatan kaya akan kebudayaan dan kearifan lokal yang bercirikan lingkungan lahan basah berupa sungai, rawa, dan pesisir pantai. Media pembelajaran matematika berbasis android dengan konteks lahan berguna bagi guru di sekolah dengan lingkungan lahan basah dalam melaksanakan pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan dan menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis android dengan konteks lingkungan lahan basah untuk siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model DDD-E yang terdiri decide, design, develop, dan evaluate. Media pembelajaran yang dikembangkan valid berdasarkan penilaian 3 validator dengan skor 3,87, praktis berdasarkan respon siswa dengan skor 3,42 kualifikasi sangat baik dan efektif berdasarkan tes hasil belajar siswa dimana 85,7% siswa mendapat nilai minimal 70.
Downloads
References
Abdul Karim, Dini Savitri, & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.17
Anissa, R., Mastuang, M., & Misbah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Bermuatan Lingkungan Lahan Basah Dengan Model Guided Inquiry Untuk Melatih Karakter Waja Sampai Kaputing. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 181–190. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.181-190
Baalwi, M. A. (2020). Kendala Guru Dalam Proses Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Ditinjau Dari Kemajuan Information Technology [IT] Guru. Lintang Songo: Jurnal Pendidikan, 3 Nomor 2(2), 38–45.
Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember: Pena Salsabila.
Husein, U. (2011). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Iriani, R., Herlina, A., Irhasyuarna, Y., & Sanjaya, R. E. (2019). Modul pembelajaran problem-based learning berbasis lahan basah untuk mempersiapkan calon pendidik berwawasan lingkungan lahan basah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 54–68. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.23337
Komariah, S., Suhendri, H., & Hakim, A. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Siswa SMP Berbasis Android. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 43. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i1.2805
Mawaddah, S., Budiarti, I., & Aulia, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konteks Lingkungan Lahan Basah Berorientasi HOTS. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 14. https://doi.org/10.20527/edumat.v9i1.9750
Nandita, Putri Apsari & Rizki, S. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Program Linear. Journal of the Society of Mechanical Engineers, 121(1191), 47. https://doi.org/10.1299/jsmemag.121.1191_47
Nieveen. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. Netherlands.: University of Twenty.
Prasetya, M. A. (2015). E-Learning Sebagai Sebuah Inovasi Metode Active Learning. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 319–338. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i2.797
Putra, A. P. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19, Metode Dan Evaluasi. Intersections, 6(1), 13–22. https://doi.org/10.47200/intersections.v6i1.588
Rohman, A. A., Ismail, M., & Siswanah, E. (2019). Media Pembelajaran Matematika SMP Berbasis Android Berorientasi UoS untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 19. https://doi.org/10.21580/square.v1i1.4057
Sari Murti, Y. (2019). Profile Saturation Learning of Student in Senior High Scholl 8 Padang. Jurnal Neo Konseling, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.24036/0098kons2019
Sari, T. T., & Cahyono, A. H. (2020). Pengembangan E-Learning Berbasis Android “Fun Math” Sebagai Alternatif Belajar Matematika di Tengah Pandemi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1283–1298. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.355
Setyadi, D. (2017). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Sarana Berlatih Mengerjakan Soal Matematika. Satya Widya, 33(2), 87–92. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p87-92
Sugiarti, S. K. M. (2019). Kerapatan Populasi Itik Benjut (Anas Gibberifrons) Di Desa Sungai Mata Kuliah Ekologi Hewan The Density of Sunda Teal (Anas gibberfrons) Population in Sungai Rasau Village , Tanah Laut Regency as a Handout Material for Enrichment of Animal Ecology Cou. 4(April), 598–602.
Trisna, B. N. (2019). Education 4.0 Perubahan paradigma dan penguatan kearifan lokal dalam pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 83–92. https://doi.org/10.33654/math.v5i1.519
Yunita, A. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Lahan Basah Pada Pembelajaran Asam Basa Menggunakan Pendekatan CTL Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 7(2), 19–30. https://doi.org/10.23971/eds.v7i2.1198
Zakiy, M. A. Z., Muhammad, S., & Farida. (2018). Pengembangan Media Android dalam Pembelajaran Matematika. TRIPLE S:Journals of Mathematics Education, 1(2), 87–96.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)