Pengaruh aktivitas dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa
The effect of learning activities and disciplines on students' mathematics learning outcomes
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran siswa terhadap hasil belajar matematika melalui aktivitas dan kedisiplinan belajar di dalam kelas, dengan tujuan agar peneliti mengetahui (1) pengaruh aktivitas dan kedisiplinan terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh aktivitas belajar pada hasil belajar matematika, (3) pengaruh kedisiplinan pada hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yakni siswa kelas VIII MTs Daar El-Huda tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 28 peserta didik, dengan teknik pengumpulan data angket. Hasil penelitian menunjukkan (1) aktivitas belajar dan kedisiplinan dengan bersamaan berpengaruh pada hasil belajar matematika, (2) aktivitas pembelajaran berpengaruh pada hasil belajar matematika, (3) kedisiplinan belajar berpengaruh pada hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil perhitungan program SPSS didapatkan koefisien korelasi antara variabel independen dengan variabel dependen yaitu 0,86. Nilai tersebut memperlihatkan bahwa aktivitas dan disiplin belajar berkorelasi erat dengan hasil belajar matematika, yang menentukan koefisiennya sebesar 86,0%. Hal ini dapat diketahui bahwa aktivitas dan disiplin belajar matematika berpengaruh pada hasil belajar, dan sisanya pengaruh dari faktor lain.
Downloads
References
Ekawati, S. (2016). Pengaruh Kedisiplinan dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Padegodik, 1(2),119–130. https://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/361/321
Gunawan, M. A. (2015). Statistik Penelitian bidang pendidikan, psikologi dan sosial. Parama Publishing.
Jaya, I. (2019). Penerapan Statistik untuk penelitian pendidikan. Prenada Media.
Kamal, S. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Think-Pair-Share (Tps) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xii Sma Negeri 10 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2015/2016 Pada Materi Barisan Dan Deret. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.33654/math.v2i1.22
Navia, Y., & Yulia, P. (2017). Hubungan Disiplin Belajar Dan Konsentrasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 100–105. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.905
Noor, A. N., & Munandar, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif (Tipe TAI Dan TPS) Dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika (Eksperimen Pada Kelas X SMK Kosgoro Karawang). Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1), 65–75.
Nurdyansyah, & Toyiba, F. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Madrasah Obtiaiyah. 929–930.
Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan, Vol. 4,(1), No. 01.
Purbiyanto, R., & Rustiana, A. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 341–361.
Rakhmawati, R. (2015). Upaya meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Amuntai tahun pelajaran 2013/2014 melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 116–123. https://doi.org/10.33654/math.v1i2.12
Rudini. (2017). Peranan statistika dalam penelitian sosial ekonomi. Jurnal SAINTEKOM, 6(2), 53–66. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/368
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. CV Alfabeta.
Supardi, S. (2015). Peran Kedisiplinan Belajar dan Kecerdasan Matematis Logis Dalam Pembelajaran Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(2), 80–88. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i2.142
Widodo, L. W. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)