Keefektifan buku ajar berbasis literasi matematika untuk materi “persamaan kuadrat dan fungsi kuadrat”
The effectiveness of mathematical literation based teaching books for “persamaan kuadrat dan fungsi kuadrat” materials
Abstract
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu produk buku ajar berbasis literasi matematika serta untuk mengetahui keefektifan pengembangan buku ajar berbasis literasi. Syarat kevalidan buku ajar ini ditentukan dari kelayakan isi, sajian dan grafik sedangkan keefektifan ditentukan dari angket respon siswa yang bernilai positif dan ketuntasan belajar secara klasikal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D), sedangkan pengembangan buku ajar ini menggunakan model ADDIE kependekan dari Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Produk yang dihasilkan pada penelitian ini adalah bahan ajar matematika yang berbasis literasi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama dengan model pengembangan ADDIE. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP Mutiara Bunda kelas IX yang berjumlah 15 orang. Dari penelitian ini dihasilkan produk buku ajar Persamaan Kuadrat dan Fungsi Kuadrat untuk kelas IX Sekolah Menengah Pertama yang memenuhi hasil uji kelayakan isi, sajian dan grafik mencapai kriteria “sangat baik” dengan revisi secukupnya dan uji keterbacaan diperoleh kriteria “sangat baik” tanpa revisi. Data respon siswa terhadap penggunaan buku ajar memenuhi kriteria positif dan tes hasil belajar mencapai ketuntasan klasikal. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku ajar berbasis literasi matematika untuk materi Persamaan Kuadrat Dan Fungsi Kuadrat memenuhi kriteria valid dan efektif.
Downloads
References
Anisah, S. L. (2018). Pengembangan Bahan Ajar berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i2.16341
Asmara, A. S., Waluya, S. B., & Rochmad. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X Berdasarkan Kemampuan Matematika. Scholaria.
Astuti, Y., Bennu, S., & Paloloang, B. (2018). Identifikasi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII SMPN Model Terpadu Madani Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Ernawati, E., & Firdaus, A. M. (2020). Analysis of mathematical ability to solve PISA questions on quantity content. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.33654/math.v6i2.921
Hera, R., & Sari, N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2015 713.
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.
Johar, R. (2012). Domain Soal Pisa Untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang, 1 Nomer1.
Khikmiyah, F., & Midjan, M. (2017). Pengembangan Buku Ajar Literasi Matematika Untuk Pembelajaran Di SMP. Jurnal Silogisme : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya. https://doi.org/10.24269/js.v1i2.275
Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Prisma.
Maulana, A., & Hasnawati, H. (2016). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 15 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika.
Nurhalisa, S., Ma’rufi, M., & Baharuddin, M. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum dan Pemecahan Masalah. Jurnal Literasi Digital, 1(3), 192–202. https://pusdig.my.id/literasi/article/view/63
Nurutami, A., Riyadi, R., & Subanti, S. (2018). The Analysis of Students Mathematical Literacy Based on Mathematical Ability. https://doi.org/10.2991/miseic-18.2018.40
Ojose, B. (2011). Mathematics literacy : are we able to put the mathematics we learn into everyday use? Journal of Mathematics Education.
Pakpahan, R. (2016). Faktor-faktor Yang Memengaruhi Capaian Literasi Matematika Siswa Indonesia Dalam Pisa 2012 Factors Affecting Literacy Mathematics Achievement Of Indonesian Student In PISA 2012. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.
Pasandaran, R. F. (2018). Taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcomes) Sebagai Assessment Autentik untuk Membangun Kemampuan Literasi Mahasiswa dalam Mengidentifikasi Grafik Fungsi Trigonometri. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika.
Ramdani, I. (2014). Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Memfasilitasi Pencapaian Literasi Matematika Siswa Kelas VII. Implementation Science.
Rizkianto, I., & Santosa, R. H. (2018). Analisis Buku Matematika Siswa SMP Kurikulum 2013. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.310
Santia, I. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa. JIPMat. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2748
Setiawan, B., & Dores, O. J. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Keterampilan Metakognisi Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Mahasiswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia). https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1412
Setiawan, H., Diah, N., Lestari, S., Studi, P., Matematika, P., Matematika, L., & Tingkat, K. B. (2014). Soal Matematika Dalam PISA Kaitannya Dengan 1 Pendahuluan 2 Analisis Kajian. Prosiding Seminar Nasional Matematika.
Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, F. M. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.30738/.v6i1.2082
Stacey, K., & Turner, R. (2015). Assessing mathematical literacy: The PISA experience. In Assessing Mathematical Literacy: The PISA Experience. https://doi.org/10.1007/978-3-319-10121-7
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). Learning Past and Future. In 21st century skills : learning for life in our times.
Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA Pada Materi Limit Fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p409-414
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)