Kecerdasan logis matematis dan visual spasial sebagai prediktor hasil belajar matematika

Mathematical logical intelligences as a predictor of mathematics learning outcomes

  • Fadhila Kurnia Estri UIN Sunan Kalijaga
  • Ibrahim Ibrahim UIN Sunan Kalijaga
Keywords: mathematical logical intelligence, spatial visual intelligence, mathematics learning outcomes

Abstract

The purpose of this research was to determine the prediction of student learning outcomes based on mathematical logical intelligence and spatial visual intelligence. This research uses a quantitative approach, a type of correlational research. That held at 16th state junior high school Yogyakarta. The used sample is 36 students. The used sampling method is cluster random sampling. The used instrument is a scale of mathematical logical intelligence and spatial visual. The data analysis technique for regression analysis is done with SPSS 25. The results of the research prove that logical mathematical intelligence and spatial visuals are predictors of mathematics learning outcomes for Grade VIII students of SMP Negeri 16 Yogyakarta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achdiyat, M., & Utomo, R. (2017). Kecerdasan visual-spasial, kemampuan numerik, dan prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7 (3), 234-245. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i3.2234

Agustyaningrum., N., & Suryantini, S. (2017). Hubungan kebiasaan belajar dan kepercayaan diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas viii smp n 27 batam. JIPMat, 1 (2), 158-164. https://10.26877/jipmat.v1i2.1242

Ahmad., & Etmy, D. (2019). Hubungan kemampuan spasial dengan prestasi belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas viii madrasah tsanawiyah. El-Hikmah: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, 2 (1), 75-98.

Alimuddin., H., & Trisnowali, A. (2018). Profil kemampuan spasial dalam menyelesaikan masalah geometri siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi ditinjau dari perbedaan gender. ALFAmath: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1), 23-35. https://doi.org/10.47165/alfamath.v1i1.43

Amalia, R., Jaeng, M., & Rochaminah, S. (2020). Penerapan pendekatan somatos auditori visual; intelektual (savi) berbantuan alat peraga pada materi luas permukaan dan volume limas. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 7 (3), 265-276.

Amstrong, T. (2013). Kecerdasan multipel di dalam kelas. Jakarta: Permata Puri Media.

Ani, A., Maulana, M., & Sunaengsih, C. (2017). Pengaruh pendekatan kontekstual berbasis kecerdasan visual-spasial terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa sekolah dasar. Jurnal Pena Ilmiah, 2 (1), 971-980. https://10.17509/jpi.v2i1.11234

Ardiansyah, M. (2020). Kontribusi tingkat pendidikan orang tua, lingkungan, dan kecerdasan logis terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3 (2), 185-200. http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v3i2.8578

Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar matematika siswa mts iskandar muda batam. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6 (2), 175-186. https://10.33373/pythagoras.v6i2.966

Asmal, M. (2020). Pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas vii smpn 30 makassar. Elips: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1), 30-36. https://doi.org/10.47650/elips.v1i1.122

Avyani, T., Nur’aeni, E., & Pranata O. (2017). Penggunaan teori van hiele untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jaring-jaring kubus dan balok. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4 (2), 19-27.

Ayuwanti, I. (2017). Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation di smk tuma’ninah yasin metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1 (2), 105-114. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i2.1017

Buana, R. S. (2018). Pengaruh kecerdasan spasial visual dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika (survei pada siswa sman di kota tangerang selatan. Alfarisi : Jurnal Pendidikan MIPA, 1 (2), 196-203.

Dara, R. & Budiarto, M. T. (2018). Kemampuan pemecahan masalah aljabar siswa smp menggunakan tahapan polya berdasarkan kecerdasan logis-matematis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (MATHEdunesa), 7 (2), 176-180.

Dirgantoro, K. P (2018). Kompetensi guru matematika dalam mengembangkan kompetensi matematis siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8 (2), 157-166. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p157-166

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2), 315-322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110

Epriliyati, L. W (2017). Pengaruh kecerdasan logis matematis dan spasial-visual terhadap hasil belajar matematika siswa smp. Mathedunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9 (2), 2-15

Fathani, A. H. (2016). Pengembangan literasi matematika sekolah dalam perspektif multipel intelligences. Jurnal EduSains, 4 (2), 136-150. https://doi.org/10.23971/eds.v4i2.524

Fitroh, M. I., & Sari, A. F. (2018). Pengaruh persepsi matematika siswa terhadap hasil belajar siswa di smkn 1 surabaya tahun ajaran 2017/2018. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5 (2), 147-156.

Goleman, D. (2015). Emotional intelegence, kecerdasan emosional "mengapa el lebih penting dari iq". Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Harahap, D. H., & Syarifah, R. (2015). Studi kasus kesulitan belajar matematika. Jurnal Psikologi, 11 (1), 20-30.

Hitalessy, M., Mataheru, W., & Ayal, C. (2020). Representasi matematis siswa dalam pemecahan masalah perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku ditinjau dari kecerdasan logis matematis, linguistik dan visual spasial. Jurnal Pendidikan Matematika (Jumadika), 2 (1), 1-15. https://doi.org/10.30598/jumadikavol2iss1year2020page1-15

Jasmine, J. (2012). Metode mengajar multiple intellegences. Bandung: Nuansa Cendekia.

Kamarullah. (2017). Pendidikan matematika di sekolah kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1 (1), 21-32. http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Kania, N. (2016). Evektivitas penggunaan alat peraga maya (virtual manipulative) terhadap peningkatan visual thinking siswa. Theorems (The Original Research of Mathematics, 1 (1), 45-57. http://dx.doi.org/10.31949/th.v1i1.291

Karo, I., & Rohani. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. Jurnal Axiom, 7 (1), 91-96. doi: http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778.

Kurino, Y. D. 2020). Model problem based learning (pbl) pada pelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Elementari Edukasia, 3 (1), 150-154. http://dx.doi.org/10.31949/jee.v3i1.2240

Lambertus., Ambarsari, M., & Maonde, F. (2016). Pengaruh sikap siswa terhadap hasil belajar matematika melalui kombinasi model pembelajaran kooperatif. Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (2), 105-124. http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v7i2.3086

Latif, S., & Akib I. (2016). Mathematical connection ability in solving mathematics problem based on initial abilities of students at smpn 10 bulukumba. Jurnal Daya Matematis, 4 (2), 207-217. https://doi.org/10.26858/jds.v4i2.2899

Mananeke, S. G., Wenas, J.R., & Sambuaga, O. T. (2017). Hubungan kecerdasan visual-spasial dengan hasil belajar matematika siswa pada materi geometri. Jurnal Sains, Matematika, & Edukasi (JSME) FMIPA Unima, 5 (1), 87-91.

Marfu’ah, I., Julaeha, S., & Solihah, A. (2019). Pengaruh penggunaan alat peraga pada materi pokok dimensi tiga terhadap hasil belajar matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4 (2), 137-142. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v4i2.4261

Milsan, A. L., & Wewe, M. (2019). Hubungan antara kecerdasan logis matematis dengan hasil belajar matematika. Journal of Education Technology, 2 (2), 65-69. http://dx.doi.org/10.23887/jet.v2i2.16183

Mujiani, D. S. (2016). Pengaruh media pembelajaran dan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 7 (2), 199-209.

Mursalin. (2016). Pembelajaran geometri bidang datar di sekolah dasar berorientasi teori balajar piaget. Jurnal Dikma, 4 (2), 250-258.

Musrikah. (2016). Model pembelajaran matematika realistik sebagai optimalisasi kecerdasan logika matematika pada siswa sd/mi. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4 (1), 1-18. https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.1.1-18

Nisa, F. B., Mukhlis, M., & Maswar. (2020). Analisis hubungan antara kecerdasan logis matematis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2 (2), 199-211. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i2.199-211

Niyati, M., & Kurniah, N. (2016). Meningkatkan kecerdasan logika matematika melalui permainan congklak tradisional. Jurnal Ilmiah Potensia, 1 (2), 78-83. https://doi.org/10.33369/jip.1.2.78-83

Nugraha, Y. (2018). Kontribusi kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logis matematis terhadap prestasi belajar geometri. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika, 1 (2), 105-123.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal MiSYKAT, 3 (1), 171-187.

Pandin, R., Maonde F., & Sudia, M. (2019). Pengaruh kombinasi model pembelajaran kooperatif dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika siswa smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (2), 185-193. https://dx.doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5868

Purnomo, Y. (2017). Pengaruh sikap siswa pada pelajaran matematika dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2 (1), 93-105. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1897

Purwati, & Nurhasanah. (2016). Deskripsi pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika unipa. Pancaran, 5 (4), 169-178.

Putri, W. (2018). Pendidikan berbasis multiple intelligences. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5 (2), 671-686. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v5i2.555

Ratumanan, T. G., & Laurens, T. (2016). Analisis penguasaan objek matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 1 (2), 146-154. https://doi.org/10.31186/jpmr.v1i2.4005

Said, A. & Budimanjaya, A. (2015). Strategi mengajar multiple intelegences. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sastro, G. (2018). Pengaruh kebiasaan belajar siswa dan kecerdasan emosi serta perhatian orang tua terhadap penguasaan konsep matematika. Jurnal Saintika Unpam : Jurnal Sains dan Matematika Unpam, 1 (1), 133-157. http://dx.doi.org/10.32493/jsmu.v1i1.1608

Setiawan, A. R., & Ilmiyah, S. (2020). Kecerdasan majemuk berdasarkan neurosains. Diakses tanggal 5 Desember 2020 dari https://www.researchgate.net/publication/340598728_Kecerdasan_Majemuk_Berdasarkan_Neurosains

Sholihatunnisa, L., Darmawansyah, M. I., Sa’adah, N., & Susilawati, W. (2018). Problematika pendidik dan peserta didik terhadap pelajaran matematika. Jurnal Prisma, 7 (2), 145-163. https://doi.org/10.35194/jp.v7i2.249

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. Journal of Matematics Education and Science, 2 (1), 58-67. https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117

Situmorang, R. U., & Sopia, N. (2020). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan alat peraga pada materi geometri ruang. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1), 168-174. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i1.686

Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudaryono. (2012). Dasar-dasar evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyati. (2016). Pengaruh media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan, 1 (2), 227-241.

Sukardjo, M., & Yusdiningtias, K. (2018). Pengaruh strategi pembelajaran dan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika sekolah dasar kelas vi. Jurnal Pendidikan Edutama, 5 (1), 101-113. http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v5i1.136

Syafiqah, A., Ruslan., & Darwis. (2020). Deskripsi kecerdasan visual spasial siswa dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi datar ditinjau berdasarkan tingkat kemampuan awal geometri pada siswa kelas vii smp. Issues in Mathematics Education, 4 (1), 68-82.

Utami, Y. P., Alan, D., & Cahyono, D (2020). Studi at home : analisis kesulitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1 (1), 20-26.

Wulandari, L., & Fatmahanik, U. (2020). Kemampuan berpikir logis matematis materi pecahan pada siswa berkemampuan awal tinggi. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1), 43-57. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.312

Zahra, C., Widyawati, S., & Ningsih, E. F. (2017). Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining (sfe) berbantuam alat peraga kotak imajinasi ditinjau dari kecerdasan spasial. JIPMat, 2 (2), 97-104. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i2.1972

Published
2021-05-15
How to Cite
Estri, F. K., & Ibrahim, I. (2021). Kecerdasan logis matematis dan visual spasial sebagai prediktor hasil belajar matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 86-100. https://doi.org/10.33654/math.v7i1.1146
Abstract viewed = 663 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 594 times