Profil Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Kemampuan Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir kritis siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan metode wawancara berbasis test. Subjek penelitian terdiri dari tiga orang siswa yaitu siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Kegiatan penelitian dimulai dengan memberikan tes kemampuan matematika, Selain itu, kemampuan setara, berkomunikasi dengan baik dan kebersediaan untuk diwawancarai menjadi kriteria peneliti dalam memilih subjek penelitian kemudian dilanjutkan tugas pemecahan masalah dan wawancara. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi waktu yaitu pemberian tugas pemecahan masalah yang setara untuk kedua kalinya dengan waktu yang berbeda. Kemudian, data yang valid dianalisis untuk menarik kesimpulan. Sehingga hasil dari penelitian ini adalah profil berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan kemampuan matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang memiliki kemampuan yang tinggi memenuhi semua indikator berpikir kritis, sedangkan siswa yang memiliki kemampuan sedang juga memenuhi semua indikator berpikir kritis namun pernyataan yang disampaikan kurang lengkap, dan yang terakhir siswa yang memiliki kemampuan rendah hanya sebagian indikator berpikir kritis saja. Sehingga dapat disimpulkan bahwa berpikir kritis yang dimiliki oleh siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah berbeda.