Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 9 Banjarbaru
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan komunikasi siswa kelas VIII B SMP Negeri 9 Banjarbaru dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran Matematika materi Bangun Ruang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dua siklus dengan jumlah enam kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 9 Banjarbaru dengan jumlah siswa 33 orang. Objek penelitian ini adalah hasil belajar dan keterampilan komunikasi siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa pada siklus I untuk ketuntasan klasikal persentase 78,78% dengan rata-rata nilai berdasarkan ketuntasan individual adalah 85,26, terjadi peningkatan pada siklus II untuk ketuntasan klasikal persentase 96,97% dengan rata-rata nilai berdasarkan ketuntasan individual adalah 90,11; (2) Keterampilan komunikasi siswa pada siklus I dengan rata-rata persentase 69,38%, terjadi peningkatan pada siklus II dengan rata-rata persentase 89,81%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan komunikasi siswa pada mata pelajaran Matematika materi Bangun Ruang.