Analisis kepuasan mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari terhadap pelayanan akademik STKIP PGRI Banjarmasin

  • Suwarjiya Suwarjiya
Keywords: Ekspektasi,, persepsi,, kepuasan,, layanan akademik,, STKIP PGRI Banjarmasin

Abstract

Berdasarkan survei (2010) oleh pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Tari STKIP PGRI Banjarmasin sebagian mahasiswa merasa ada dosen yang kehadiran dalam perkuliahannya kurang tanpa sebab yang jelas, pengumuman nilai hasil ujian tidak tepat waktu, penggunaan jam mengajar tidak optimal, dosen kurang memberikan umpan balik atas tugas mahasiswa .Berdasarkan hasil survei inilah perlu kiranya diadakan penelitian pada seluruh mahasiswa agar diperoleh gambaran yang lengkap tentang kepuasan mahasiswa program studi Pendidikan Seni Tari karena survei yang dilakukan tersebut belum dijelaskan jumlah sampel, teknik pengambilan sampel, dan instrumen penelitiannya. Pengetahuan tentang kepuasan mahasiswa akan memberikan banyak manfaat. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan 1) harapan mahasiswa atas layanan akademik STKIP PGRI Banjarmasin,  2) persepsi realisasi performa layanan menurut pandangan mahasiswa, 3) untuk mengetahui gap atau kesenjangan antara tingkat ekspektasi dan persepsi terhadap layanan akademik, memberi informasi prioritas layanan yang harus diperbaiki oleh STKIP PGRI Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan angket.  Responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Tari angkatan tahun 2012-2014 yang jumlah populasinya 169 mahasiswa, sampel yang dipilih untuk dijadikan subyek penelitian dengan menggunakan rumus Slovin dan berjumlah 119 sampel. Hasil penelitian menunjukkan ekspektasi mahasiswa atas layanan akademik berada pada kisaran rata-rata skor 4,51 s.d. 4,62 dengan kategori penting. Realisasi performa persepsi layanan berada pada kisaran rata-rata skor 3,14 s.d 3,73 dengan kategoru puas. Gap atau kesenjangan terjdi jarak signifikan yaitu pada kisaran rata-rata skor -1,41 s.d. -0,89 dan terjadi kesenjangan negatif atau kurang puas. Prioritas layanan yang harus dilakukan perbaikan oleh STKIP PGRI Banjarmasin pada inner-personelity dan capability dari diri pengelola layanan. Faktor tersebut dirangkum dalam Bukti Langsung (tangibles) dan daya tanggap (responsibility). Simpulan dari penelitian bahwa ekpekasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari pada kategori sangat penting terdapat pada variabel tangibles. Perasepsi berada pada kategori Puas terutama pada variabel reliability. Skor GAP terjadi kesenjangan negative atau ni bawah nol. Saran untuk STKIP PGRI Banjarmasin supaya memprioritaskan aspek yang berada pada kuadran II

Published
2018-06-04
How to Cite
Suwarjiya, S. (2018). Analisis kepuasan mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari terhadap pelayanan akademik STKIP PGRI Banjarmasin. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1). https://doi.org/10.33654/jpl.v13i1.351
Section
Articles
Abstract viewed = 186 times
PDF downloaded = 204 times