Efektivitas model pembelajaran Kooperatif STAD terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V SDN Kelayan Barat 2 Banjarmasin

  • Yudha Adria
  • Sa'adah Erliani
Keywords: model pembelajaran kooperatif,, STAD,, dan hasil belajar kognitif

Abstract

Pola pikir kurikulum 2013 menghendaki perubahan paradigma proses pembelajaran dari teacher centered learning menjadi students centered learning. Perubahan paradigma proses pembelajaran dibarengi dengan perubahan pola pembelajaran secara berkelompok sesuai dengan ruh kurikulum 2013 melaksanakan kegiatan pembelajaran secara berkelompok. Implementasi pembelajaran berkelompok dipraktikkan melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif STAD.  Model pembelajaran kooperatif STAD menjadi alat yang digunakan untuk memfasilitasi siswa dalam kegiatan secara berkelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif STAD terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V SDN Kelayan Barat 3 Banjarmasin. Selain itu, tujuan jangka panjang penelitian ini, yaitu pembuatan bahan ajar berbasis kooperatif dengan menekankan pada pembentukan sikap sosial untuk sekolah dasar. Metode penelitian yang diimplementasikan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan bentuk nonequivalent control group design. Kegiatan penelitian ini diawali dengan menentukan sekolah yang dijadikan sebagai tempat penelitian, yaitu SDN Kelayan Barat 2 Banjarmasin. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan metode purposive sampling. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran, kelas eksperimen dikenai perlakukan dengan mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif STAD dan kelas kontrol tidak dikenai perlakuan. Setelah kegiatan pembelajaran selesai sesuai dengan perencanaan, maka diberikan posttest untuk menguji normalitas, homogenitas, dan uji beda rata-rata pada pembelajaran tiap kelas. Hasil analisis menggunakan uji t independent pada hasil belajar siswa diperoleh nilai t hitung -3,73 dengan nilai signifikansi. 0,00 < 0,05 sehingga H0 ditolak, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Kooperatif STAD efektif berpengaruh pada hasil belajar kognitif siswa. Saran penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif STAD dapat dijadikan salah satu inovasi pembelajaran yang efektif terhadap hasil belajar kognitig kognitif. Selain itu, model ini dapat diuji terhadap variabel lain atau variabel  motivasi karena belum diukur pada penelitian ini.

Published
2018-12-03
How to Cite
Adria, Y., & Erliani, S. (2018). Efektivitas model pembelajaran Kooperatif STAD terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V SDN Kelayan Barat 2 Banjarmasin. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(2). https://doi.org/10.33654/jpl.v13i2.335
Section
Articles
Abstract viewed = 131 times
PDF downloaded = 105 times