Pengembangan Media Card Reading Puzzle Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kelayakan media dan hasil pengembangan media card reading puzzle berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan minat membaca siswa kelas 4 Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini dilakukan di SDN Permanu 03 kelas IV tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukkan kelayakan media berdasarkan validasi produk oleh ahli materi, ahli media dan respon siswa terhadap media. Berdasarkan hasil validasi materi menunjukkan media card reading puzzle berbasis PBL memiliki tingkat kelayakan materi dengan perbandingan 4,75 > 4,21 dengan nilai “A” termasuk dalam kualifikasi “sangat layak”. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan bahwa media tersebut memiliki tingkat kelayakan media dengan perbandingan 4,87 > 4,21 dengan nilai “A” termasuk dalam kualifikasi “sangat layak”. Hasil perolehan respon siswa terhadap media diperoleh perbandingan 4,3 > 4,21 dengan nilai “A” termasuk dalam kualifikasi “sangat layak”. Hasil pengembangan media untuk meningkatkan minat membaca siswa kelas IV SDN Permanu 03 diperoleh prosentase sebelum menggunakan media (pre-test) sebesar 66%, sedangkan perolehan prosentase sesudah menggunakan media (post-test) sebesar 86%. Sehingga dapat dinyatakan bahwa minat membaca siswa kelas IV SDN Permanu 03 mengalami peningkatan sebesar 20% sebelum menggunakan media dan sesudah menggunakan media yang telah dikembangkan.