Pengembangan Lembar Kerja Siswa Tematik Perubahan Wujud Benda Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD

  • Nikmatul Imamah Program Studi PGSD Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Andi Wibowo Program Studi PGSD Universitas Islam Raden Rahmat Malang
Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), Tematik, Berbasis Poe, Hasil Belajar Siswa, Lembar Kerja Siswa (LKS)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS tematik yang efektif dan layak digunakan, serta untuk melibatkan siswa dalam kegiatan praktikum sehingga siswa akan mencapai kompetensinya sesuai yang diinginkan secara ilmiah. Pembelajaran akan menjadi lebih aktif, efektif, inovatif serta menyenangkan dalam pelaksanaan kegiatan di dalam maupun di luar kelas. Peneliti menggunakan jenis penelitian RnD (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang dirancang oleh Dick & Carey. Produk yang dikembangkan yakni LKS tematik  perubahan wujud benda. Subjek penelitian adalah siswa kelas V. Uji coba dilakukan hanya satu kali, yakni uji coba terbatas dengan 7 orang responden saja dikarenakan adanya pandemi covid-19 yang tidak boleh berkerumun dengan orang banyak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS tematik layak digunakan dengan perolehan skor rata-rata 4,93 dari ahli materi, 4,86 dari guru kelas dan 4,35 yang didapatkan dari angket siswa. Hasil belajar siswa terjadi peningkatan, hal ini dapat dilihat pada hasil pretest postest. Persentase peningkatan hasil belajar yang terjadi pada aspek kognitif adalah 71%, aspek afektif 57%, dan aspek psikomotorik 57%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bagi pihak sekolah dan guru untuk meningkatkan keinovatifan dalam pembuatan bahan ajar agar siswa semakin kreatif, aktif dan menyenangkan dalam belajar. 

Published
2021-11-20
How to Cite
Imamah, N., & Wibowo, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Tematik Perubahan Wujud Benda Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(2), 43 - 55. https://doi.org/10.33654/jpl.v16i2.1505
Section
Articles
Abstract viewed = 174 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 198 times