Pengembangan Model Pembelajaran CORE Berbasis TIK dengan Peer Assessment Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMPN Kota Banjarmasin

  • Asy’ari Asy’ari Pendidikan Teknologi Informasi STKIP PGRI Banjarmasin
  • M. Rizki Zulkarnain Pendidikan Teknologi Informasi STKIP PGRI Banjarmasin
  • Nonong Rahimah Pendidikan Teknologi Informasi STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: Pembelajaran Berbasis TIK, CORE, Gaya Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending) berbasis TIK dengan peer assessment serta efektivitas pembelajaran CORE berbasis TIK dengan peer assessment terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari gaya belajar siswa. Penelitian ini terbagi menjadi dua tahap. Tahap pertama adalah tahap pengembangan model pembelajaran yang termasuk ke dalam penelitian pengembangan (research and development). Tahap berikutnya adalah uji efektivitas model yang termasuk ke dalam penelitian eksperimental semu dengan desain penelitian 3×3. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN Kota Banjarmasin. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 268 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji  ANOVA dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran CORE berbasis TIK dengan peer assessment lebih baik dari hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran CORE dan model pembelajaran konvensional. Selain itu, hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran CORE lebih baik dari hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran konvensional.

Published
2020-03-14
How to Cite
Asy’ari, A., Zulkarnain, M. R., & Rahimah, N. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran CORE Berbasis TIK dengan Peer Assessment Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMPN Kota Banjarmasin. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(1), 22-32. https://doi.org/10.33654/jpl.v15i1.1000
Section
Articles
Abstract viewed = 259 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 169 times