Analisis Wacana Iklan Berbahasa Banjar di Sky Radio 89.3 FM Banjarmasin

  • Kamal Hasuna
Keywords: wacana iklan, bahasa Banjar

Abstract

Bahasa merupakan sarana komunikasi dalam masyarakat yang mempunyai peranan dan fungsi penting.Bahasa memiliki fungsi dalam kegiatan masyarakat yaitu sebagai alat komunikasi untuk meyampaikan gagasan, ide, dan pendapat yang menghasilkan suatu variasi.

Penelitian ini berkenaan dengan tindak tutur dalam wacana iklan berbahasa Banjar di SKY radio 89.3 FM Banjarmasin dan bertujuanuntuk: (1) mendeskripsikan bagaimana bentuk tindak tutur dalam wacana iklan berbahasa Banjar di SKY radio 89.3 FM Banjarmasin, (2) mendeskripsikan fungsi tindak tutur dalam wacana iklan berbahasa Banjar di SKY radio 89.3 FM Banjarmasin.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yang berkaitan dengan data yang tidak berupa angka-angka tetapi berupa kualitas bentuk-benuk variabel yang berwujud tuturan sebagai data yang dihasilkan berupa kata-kata tertulis atau lisan tentang sifat-sifat individu, keadaan, gejala, dari kelompok tertentu yang diamati.Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sejumlah naskah iklan yang disiarkan melalui media radio.Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti, dapat ditarik beberapa kesimpulan. Bentuk tindak tutur yang ditemukan dalam wacana iklan berbahasa Banjar di SKY radio 89.3 FM Banjarmasin, yaitu: a) tindak tutur lokusi, b) tindak tutur ilokusi, dan c) tindak tutur perlokusi. Dari hasil penelitian terdapat empat fungsi tuturan. Fungsi tindak tutur dalam wacana iklan berbahasa Banjar di SKY radio 89.3 FM Banjarmasin, yaitu: a) deklarasi, b) representatif, c) ekspresif, dan d) direktif

Published
2019-10-01
Abstract viewed = 198 times
PDF downloaded = 267 times