Erotomania dalam Novel “Kotak-Kotak Ingatan’ Karya Siti Meta Fatimah

  • Erni Susilawati
  • Novia Winda
  • Raudatul Jannah
Keywords: erotomania, novel

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini mengkaji tentang erotomania dalam novel Kotak-kotak Ingatan karya Siti Meta Fatimah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan latar belakang penderita erotomania dalam novel Kotak-kotak Ingatan karya Siti Meta Fatimah.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi sastra yang bertitik tumpu pada erotomania yang menganalisis aspek kejiwaan pada tokoh dalam novel. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Kotak-kotak Ingatan karya Siti Meta Fatimah. Teknik pengumpulan penelitian ini adalah teknik membaca cermat, penandaan, dan interpretasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.

Hasil penelitian ini adalah latar belakang penderita erotomania dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu: (1) faktor genetik yang berasal dari orang tua, (2) pengalaman buruk pada masa tumbuh kembang akibat adanya kekerasan, dan  (3) faktor sosisokultural yang berhubungan dengan lingkungan keluarga dan masyarakat

Published
2020-04-30
Abstract viewed = 14 times
PDF downloaded = 11 times