Membangun Keterampilan Bahasa sebagai Potensi Utama Kecerdasan Intelektual bagi Siswa SD Kelas Rendah

  • Isnaniah
Keywords: keterampilan bahasa, kecerdasan intelektual, kelas rendah

Abstract

Penelitian teoritis ini akan mejabarkan beberapa bagian dari keterampilan berbahasa yang menjadi potensi mengembangkan kecerdasan siswa sebagai bagian dari proses pembelajaran Bahasa Indonesia.Secara efesien pembentukan kecerdasan intelektual dibangun sejak dini agar dapat berkembang secara optimal seiring tumbuh kembangnya seorang individu Kecerdasan intelektual merupakan kemampuan potensi manusia dalam mempelajari suatu melalui alat berpikirnya yang tampak pada kekuatan verbal dan logikanya.Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang berusaha menguraikan dan menggabrakan secara efesien mengenai suatu permasalahan.

Pendekatan penelitian ini adalah psikolinguistik yang berusaha mengungkapkan hubungan bahasa dengan kecerdasan siswa SD kelas rendah. Sumber data penelitian ini adalah pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas 2 Tema 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan. Hasil penelitian ini mengungkapkan metode dan teknik yang dapat dilakukan guru pada siswa SD kelas 2 dalam mengembangkan kecerdasan lingiuistik salah satunya dalam aspek berbicara dapat dilakukan dengan kegiatan, 1) membaca puisi, 2) bercerita, 3) bernyanyi, dan 4) menjawab pertanyaan

Published
2020-04-30
Abstract viewed = 284 times
PDF downloaded = 587 times