Pemanfaatan Judul Judul Lagu Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas VII MTsN 3 Banjarmasin.
Abstract
Keterampilan menulis Puisi pada siswa kelas VII MTsN 3 Banjarmasin masih rendah. Hal ini merupakan dasar pemikiran yang melandasi penggunaan media dalam pembelajaran menulis sebuah Puisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan keterampilan siswa kelas VII MTsN 3 Banjarmasin terhadap pembelajaran menulis Puisi melalui metode penggunan judul-judul lagu. (2) Memaparkan aktivitas siswa kelas VII MTsN 3 Banjarmasin terhadap pembelajaran menulis Puisi melalui metode penggunaan judul-judul lagu. (3) Mendeskripsikan respons siswa kelas VII MTsN 3 Banjarmasin dalam menulis uisi melalui metode Penggunaan Judul-Judul Lagu
Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriftif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati pelaksanaan tindakan melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Objek penelitian adalah siswa kelas VII MTsN 3 Banjarmasin yang berjumlah 32 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengunaan Metode pemanfaatan Judul-Judul lagu dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis. Indikator keberhasilan ini terlihat dari adanya peningkatan hasil belajar siswa, peningkatan aktivitas guru dan siswa, serta respon siswa yang cukup tinggi.
Hasil penelitian ini adalah: (1) hasil belajar siswa rata-rata pada siklus I pertemuan pertama dan kedua masih rendah. Pada siklus II pertemuan ketiga dan keempat mengalami peningkatan, pada pertemuan ketiga dengan rata-rata pretest 72,18 dengan ketuntasan klasikal 84 %, dan pada pertemuan ke empat rata-rata postest 79,06 dengan ketuntasan klasikal 100%. (2) nilai aktivitas guru pada siklus I ke Siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata rata 4 dalam pembelajaran menulis Puisi dengan kategori pencapaian nilai amat baik. Demikian juga aktivitas murid juga mengalami peningkatan. Dalam hal ini aktivitas murid pada pembelajaran menulis Puisi semakin meningkat pada setiap pertemuan (3) Respons murid dalam pembelajaran menulis Puisi menggunakan metode pemanfaatan judul-judul lagu cukup baik.dengan total persentasi hampir 100 %.