Register Bidan di Puskesmas Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar

  • Lita Luthfiyanti
  • Isna Kasmilawati
Keywords: register, bidan

Abstract

Register merupakan proses atau hasil dari pemakaian kosa kata khusus yang berkaitan dengan jenis pekerjaan maupun kelompok sosial tertentu, sehingga menunjukkan tipe proses sosial yang sedang terjadi. Register merupakan salah satu bentuk gejala variasi bahasa yang disebabkan oleh perbedaan bidang pemakaian dan memiliki ciri-ciri yang secara khusus menyertai atau menyatakan makna. Penggunaan bahasa register bidan ini tidak terlepas faktor situasi dan kondisi terutama yang menyangkut kapan dan dimana bahasa tersebut digunakan. Komunikasi dengan menggunakan bahasa register bidan ini dilakukan di lingkungan komunitas bidan tersebut baik di rumah sakit maupun di puskesmas Sungai Tabuk Kabupaten Banjar

Metode pengumpulan data ini dilakukan dengan mendeskripsikan data dalam fakta-fakta yang tampak sebagaimana adanya yang kemudian dianalisis. Tahap pengumpulan data primer yang berkaitan dengan bidan menggunakan teknik simak, cakap, dan catat. Adapun metode yang digunakan untuk menggali data primer adalah metode waawancara. Metode ini akan digunakan dengan bercakap-cakap atau mewawancarai informan utama yaitu bidan pembina secara langsung (tidak beraturan) untuk memperoleh data yang diperlukan.

Hasil penelitian ini meliputi [1] Bentuk penggunaan register register bidan. [2] Fungsi penggunaan register bidan di puskesmas Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar, di bedakan menjadi 3, yaitu (a) klasifikasi kelas kata; (b) frasa; dan (c) singkatan. [3] Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan register bidan meliputi: (a) pembicara (partisipan) dan orang yang diajak bicara (persona); (b) sasaran dan isi pembicaraan; (c) sarana (ragam bahasa yang digunakan); dan (d) suasana dan setting pembicaraan.

Published
2018-04-01
Abstract viewed = 32 times
PDF downloaded = 40 times