Konflik Tokoh Utama dalam Menghadapi Ketidakadilan Gender pada Novel Re: Karya Maman Suherhman

  • Fajarika Ramadania
  • Riduan Saberan
  • Jamilah Jamilah
Keywords: konflik, ketidakdilan, gender, kajian feminis

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang ketidakadilan gender dan konflik batin yang dialami oleh tokoh dalam novel. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan permasalahan mengenai ketidakadilan gender, (2) Mengemukakan konflik batin yang terjadi pada tokoh dalam, (3) Memaparkan pembentukan kepribadian tokoh dengan konflik yang terjadi disekitarnya.

Sesuai dengan konsep kajian dalam penelitian, maka pendekatan yang digunakan adalah pendekatan feminisme yang mencakup aspek-aspek feminisme yang terjadi dalam kehidupan dunia prostitusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel yang berjudul Re: karya Maman Suherman. Novel ini diterbitkan tahun 2014 oleh POP yang dicetak oleh Percetakan Gramedia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi teks dan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif interpretatif.

Hasil dari kesimpulan penelitian ini adalah (1) ketidakadilan gender yang meliputi dalam kekuasaan dengan jumlah data sebanyak 11 pembahasan, pergaulan dengan jumlah 5 pembahasan, dan tingkah laku sebanyak 12 pembahasan, (2) konflik batin yang dialami oleh tokoh yang meliputi tentang dendam, marah, kecewa, sedih, takut dan bingung dengan jumlah total data sebanyak 38 pembahasan, (3) pembentukan kepribadian tokoh dengan konflik disekitarnya yang meliputi tentang faktor-faktor yang menyebabkan perubahan sikap dan hubungan antara sikap dan tingkah laku dengan data yang didapat sebanyak 4 pembahasan berisi tentang kisah Mamah Re: saat hamil, asal mula Re: mencari pelacur lesbian, kisah pelik kehidupan pelacur lesbian yang masih remaja bernama Nona, dan juga kisah sedih seorang lines bernama Windy. Masing-masing memiliki satu jumlah data

Published
2018-04-01
Abstract viewed = 22 times
PDF downloaded = 46 times