Kajian Pragmatik Percakapan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA Advent Balikpapan
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tindak tutur Lokusi, tindak tutur Ilokusi, tindak tutur Perlokusi dalam percakapan guru dan siswa mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Advent kelas XI khususnya materi diskusi tahun ajar 2017. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif di mana data dalam penelitian ini berupa lisan atau ujaranĀ percakapan antara guru dengan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Adapun instrument penunjang dalam penelitian ini yang digunakan oleh peneliti yaitu peneliti sendiri sebagai yang menjalankan dan tabel data.Hasil penelitian ini ditemuka tindak tutur Ilokusi berupa pernyataan 7 tuturan guru dan siswa. Tindak tutur Ilokusi ditemukan 26 tuturan, yang teridiri dari tindak tutur Ilokusi Asertif, tindak tutur Ilokusi Direktif dan tindak tutur Ilokusi Ekspresif. Tindak tutur Perlokusi ditemukan 16 tuturan yang berupa efek atau dampak linguistik dan nonlinguistik