Penerapan Strategi Imagine dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas pada Siswa Kelas V SDN Murung Raya 5 Banjarmasin
Abstract
Hasil observasi pada SDN Murung Raya 5 Banjarmasin, ditemukan rendahnya kemampuan menulis puisi bebas, penyebabnya adalah penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat sehingga pembelajaran kurang berjalan dengan maksimal dan optimal. Oleh karena itu penting dilakukan perbaikan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan strategi imaginedengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana tiap-tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN pelambuan 7 Banjarmasin yang berjumlah 12 orang, yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa yang berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data aktivitas guru dan data aktivitas siswa diperoleh melalui obsevasi yang direkamkan pada lembar observasi serta data hasil belajar siswa diperoleh melalui evaluasi hasil kerja siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa meningkat melalui penerapan strategi imagine. Oleh karena itu disarankan kepada guru, agar secara bertahap dan berkesinambungan mengkaji pola dan strategi pembelajaran yang tepat dalam upaya perbaikan proses dan hasil pembelajaran dimana salah satunya adalah startegi Imagine yang telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa