Peningkatan Keterampilan Menulis Para Graf Melalui Penerapan Kegiatan Menulis Jurnal dan Pemanfaatanya untuk Penilaian Autentik pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Simpang Empat Kabupaten Banjar

  • Siti Faridah
Keywords: menulis paragraf, menulis jurnal, penilaian autentik

Abstract

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian tindakan kelas tersebut dilakukan dalam tiga siklus penelitian. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Simpang Empat kabupaten Banjar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan tersebut dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa, baik dari segi kuantitas maupun kualitas paragraf yang dihasilkan. Kegiatan menulis jurnal juga membuat kegiaan menulis menjadi lebih menarik dan bermakna bagi siswa. Peningkatan tersebut tidak terlepas dari upaya guru memberi respon, mengembangkan dialog, memodelkan cara menulis paragraf yang benar, mencermati kesalahan yang kerap dilakukan siswa, membiasakan secara tetap, serta memberikan berbagai arahan untuk membangkitan kreativitas siswa dalam menulis paragraf. Bimbingan dan arahan guru itu tetap diberikan, meskipun menulis jurnal adalah kegiatan menulis yang bersifat informal

Published
2016-10-01
Abstract viewed = 176 times
PDF downloaded = 236 times