Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa dalam Menceritakan Kegemaran Melalui Teknik Percakapan
Abstract
Kemampuan berbicara siswadengan menggunakan teknik percakapan sangat penting dan besar pengaruhnya. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil dari perolehan skor dari responden observasi yang dilakukan, yang menjawab “selalu” pada 15 pertanyaan dengan jumlah perolehan skor869,68 dengan rata-rata 57,98%, skor menjawab “kadang-kadang” dengan jumlah sebesar 630,32 dengan rata-rata 42,02%, sedangkan yangmenjawab tidak dengan jumlah sebesar 0 dengan rata-rata 0% atau tidak ada jawaban. Jika dibandingkan antara ketiga alternatif jawaban tersebut sekor jawaban “ya” mempunyai skor yang paling besar, sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik percakapan mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam menceritakan kegemarannya dengan kategori cukup baik. Peningkatan kemampuan berbicara siswa dalam menceritakan kegemaran siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain adalah cara pelafalan nada dan cara berkomunikasi