TOLERANSI BERAGAMA DALAM NOVEL SEBENING SYAHADAT KARYA DIVA SR (TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA)

  • Irni Cahyani STKIP PGRI Banjarmasin
  • Tazkiah
  • Dana Aswadi
  • Haswinda Harpriyanti
Keywords: toleransi, agama, novel, sosiologi sastra

Abstract

Penelitian ini berkenaan dengan kajian sosiologi sastra dalam Novel Sebening Syahadat Karya Diva SR. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan jenis toleransi yang terdapat dalam dalam Novel Sebening Syahadat Karya Diva SR, (2) mendeskripsikan bentuk toleransi beragama yang terdapat dalam Novel Sebening Syahadat Karya Diva SR, dan (3) mendeskripsikan sikap toleransi beragama yang terdapat dalam Novel Sebening Syahadat Karya Diva SR.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan sosiologis dan jenis penelitian kepustakaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Sumber data yang dipakai dalam penelitian ini adalah Novel Sebening Syahadat Karya Diva SR cetakan keenam yang diterbitkan pada tahun 2019 dengan tebal sebanyak 448 halaman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi kepustakaan dan teknik observasi teks.

Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan hasil dari penelitian ini secara garis besar, yakni 1) jenis toleransi yang terdapat dalam Novel Sebening Syahadat Karya Diva SR adalah (a) toleransi beragama, dan (b) toleransi sosial, 2) bentuk toleransi beragama yang terdapat dalam Novel Sebening Syahadat Karya Diva SR adalah (a) saling menghormati, (b) mengakui hak setiap orang, (c) agree in disagreement (setuju dalam perbedaan), 3) sikap yang terdapat dalam Novel Sebening Syahadat Karya Diva SR ialah (a) saling membantu, (b) saling bertegur sapa, (c) saling menasehati, (d) saling menghargai pendapat masing-masing, (e) saling melindungi, (f) saling menjaga silaturrahmi, dan (g) saling memberi.

Published
2024-04-28
Abstract viewed = 10 times