ANALISIS TELAAH BUKU TEKS BAHASA INDONESIA TINGKAT LANJUT CAKAP BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA SMA/SMK KELAS XI KURIKULUM MERDEKA

  • Indah Ika Ratnawati
  • Dewi Ratna Sari
  • Nasywa Haniifa Budiono
Keywords: telaah, buku teks, kurikulum, kurikulum merdeka

Abstract

Pergeseran  paradigma pembelajaran Bahasa Indonesia ke arah pembelajaran berbasis teks memerlukan adaptasi yang  tidak singkat. Hal ini mengingat jenjang sebelumnya (SMP) siswa belum terbiasa dengan pembelajaran  bahasa berbasis teks. Rasionalitas penelitian ini didukung pula oleh hasil identifikasi permasalahan di  lapangan. Guru-guru masih banyak yang kebingungan dengan penggunaan buku teks pegangan guru dan  buku teks pegangan siswa. Kondisi seperti itu menyebabkan guru luput untuk melakukan telaah buku  teks. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dasar, dipilih berdasarkan sejumlah  pertimbangan. Pendekatan kualitatif ini bertujuan untuk mendalami fenomena atau konteks secara  menyeluruh, dengan memberikan fokus pada makna dan interpretasi. Metode kualitatif dasar ini meliputi  pengumpulan data yang meliputi informasi, gambar, atau data lainnya, baik yang bersifat tertulis maupun  tidak tertulis. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini bersifat tertulis, seperti dokumen atau catatan,  seperti buku teks Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Cakap Berbahasa dan Bersastra Indonesia SMA/SMK  Kelas XI Kurikulum Merdeka yang telah kami.Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas analisis suatu  buku dapat diukur melalui sejumlah komponen khusus dan seharusnya sejalan dengan sinkronisasi yang  berlaku. Kurikulum berperan penting sebagai pedoman dalam merancang sistem pembelajaran,  memastikan bahwa proses pembelajaran berlangsung sesuai dengan harapan dan tujuan  pendidikan. Melalui analisis menyeluruh, buku berjudul “Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Cakap  Berbahasa dan Bersastra Indonesia” dianggap memenuhi kriteria dan layak digunakan oleh siswa kelas  XI SMA/SMK berdasarkan standar yang telah ditetapkan. Dengan demikian, buku tersebut dapat  dianggap sebagai sumber belajar yang berkualitas, sesuai dengan persyaratan kurikulum, dan memberikan  kontribusi positif terhadap proses pembelajaran siswa pada tingkat tersebut.

Published
2024-04-28
Abstract viewed = 83 times