ANALISIS TELAAH BUKU TEKS BAHASA INDONESIA TINGKAT LANJUT CAKAP BERBAHASA DAN BERSASTRA INDONESIA SMA/SMK KELAS XI KURIKULUM MERDEKA
Abstract
Pergeseran paradigma pembelajaran Bahasa Indonesia ke arah pembelajaran berbasis teks memerlukan adaptasi yang tidak singkat. Hal ini mengingat jenjang sebelumnya (SMP) siswa belum terbiasa dengan pembelajaran bahasa berbasis teks. Rasionalitas penelitian ini didukung pula oleh hasil identifikasi permasalahan di lapangan. Guru-guru masih banyak yang kebingungan dengan penggunaan buku teks pegangan guru dan buku teks pegangan siswa. Kondisi seperti itu menyebabkan guru luput untuk melakukan telaah buku teks. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dasar, dipilih berdasarkan sejumlah pertimbangan. Pendekatan kualitatif ini bertujuan untuk mendalami fenomena atau konteks secara menyeluruh, dengan memberikan fokus pada makna dan interpretasi. Metode kualitatif dasar ini meliputi pengumpulan data yang meliputi informasi, gambar, atau data lainnya, baik yang bersifat tertulis maupun tidak tertulis. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini bersifat tertulis, seperti dokumen atau catatan, seperti buku teks Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Cakap Berbahasa dan Bersastra Indonesia SMA/SMK Kelas XI Kurikulum Merdeka yang telah kami.Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas analisis suatu buku dapat diukur melalui sejumlah komponen khusus dan seharusnya sejalan dengan sinkronisasi yang berlaku. Kurikulum berperan penting sebagai pedoman dalam merancang sistem pembelajaran, memastikan bahwa proses pembelajaran berlangsung sesuai dengan harapan dan tujuan pendidikan. Melalui analisis menyeluruh, buku berjudul “Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Cakap Berbahasa dan Bersastra Indonesia” dianggap memenuhi kriteria dan layak digunakan oleh siswa kelas XI SMA/SMK berdasarkan standar yang telah ditetapkan. Dengan demikian, buku tersebut dapat dianggap sebagai sumber belajar yang berkualitas, sesuai dengan persyaratan kurikulum, dan memberikan kontribusi positif terhadap proses pembelajaran siswa pada tingkat tersebut.
Copyright (c) 2024 Indah Ika Ratnawati, Dewi Ratna Sari, Nasywa Haniifa Budiono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.