The Ability to Make Pantun for Indonesian Language Teachers at Banjarmasin City High School
Kemampuan Membuat Pantun Guru Bahasa Indonesia SMA Kota Banjarmasin
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membuat pantun guru bahasa Indonesia Kota Banjarmasin. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode analisis deskriptif-kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 14 guru. Data yang diperoleh berjumlah 52 pantun. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif melalui teknik analisis deskriptif. Dari analisis data, diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) sebagian besar guru (85 %) sangat mampu dalam membuat pantun, yakni dari segi kriteria; (2) sebagian besar guru (80 %) sangat mampu dalam membuat pantun, yakni dari segi tema. Dengan demikian, Sebagian besar guru (82 %) sangat mampu membuat pantun.
Copyright (c) 2024 Sabhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.