PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 2B SDN MARABAHAN 1

  • Irni Cahyani STKIP PGRI Banjarmasin
  • Rabiatul Adawiyah
  • Alimuddin A. Djawad
Keywords: model pembelajaran kooperatif, pembelajaran tematik

Abstract

Model pembelajaran kooperatif memberikan dampak positif pada pembelajaran tematik di kurikulum 2013 yang mana penilaian siswa terdiri atas penilaian pengetahuan, sikap dan keterampilan. Dengan adanya model kooperatif dapat memudahkan guru dalam menggali potensi siswa dengan mencari pengalaman mereka sendiri dalam mencari jawaban dan menumbuhkan sikap saling menghargai pendapat antara siswa dengan teman kelompoknya. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui persiapan guru terhadap model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran tematik kelas 2B SDN Marabahan 1. (2) untuk mengetahui pelaksanaan guru terhadap model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran tematik kelas 2B SDN Marabahan 1.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deksriptif. Subjek penelitian adalah Guru dan siswa kelas 2B. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.

Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran tematik kelas 2B SDN Marabahan 1, guru mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dan Lembar Kerja Kelompok (LKK) siswa serta sumber belajar digunakan yaitu buku tematik guru dan siswa, alat bantu lainnya meja,kursi dan papan tulis. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan model pembelajaran kooperatif sesuai dengan kegiatan belajar di kelas. Siswa sangat senang, aktif, dan bekerjasama ketika guru melaksanakan model kooperatif. Yang sebelumnya siswa kurang dalam minat belajar dan kurang semangat, maka dengan adanya model kooperatif memberikan dampak kemajuan yang baik dalam menumbuhkan minat, semangat, kerjasama dan saling menghargai antar siswa dalam kelompoknya di kelas 2B.

Published
2023-10-11
Abstract viewed = 42 times
PDF downloaded = 85 times