PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMPN 2 PIANI
Abstract
Penelitian ini berjudul: “Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Melalui Supervisi Di SMPN 2 Piani”. Tujuan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Melalui Supervisi Akademik Di SMPN 2 Piani. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada komponen Instrumen Monitoring Supervisi, terlihat peningkatan dari 78% pada Siklus I, menjadi 92% pada siklus II (2) Pada Komponen Instrumen Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah , terdapat peningkatan Kompetensi dari 80,0% pada siklus I menjadi 92% pada siklus II;(3) Dalam Komponen Instrumen Evaluasi Hasil Supervisi, yang didalamnya memuat langkah-langkah model pembelajaran,terlihat adanya peningkatan yang signifikan dari yang semula hanya 74% pada siklus I menjadi 89% pada siklus II (4) Pada komponen Instrumen Peningkatan Prestasi Peserta Didik juga terdapat adanya peningkatan dari 79% pada siklus I, menjadi 94% setelah siklus II; (5) Peningkatan yang cukup signifikan juga dapat kita lihat pada komponen Instrumen Studens Welbeing (Kebahagiaan Siswa) . Dari yang semula hanya 73% pada siklus I dan berhasil mencapai 92% pada akhir siklus 2.
Melihat data perolehan hasil penelitian dalam kegiatan penelitian tindakan sekolah ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning melalui supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru di SMPN 2 Piani
Copyright (c) 2023 Purwono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.