ANALISIS STRUKTURAL SEMIOTIK NASKAH MONOLOG “SUKETI” KARYA KHOLIK SETIAWAN

  • Edi Sutardi STKIP PGRI Banjarmasin
  • Budi Dharma Budi
Keywords: Monolog Suketi, Struktural Semeiotik, Unsur Intrinsik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur-unsur intrinsik dalam monolog dengan judul “SUKETI” karya; Kholik Setiawan (2) keterkaitan antarunsur intrinsik, serta (3) makna yang didapatkan melalui tanda dan acuannya (ikon, indeks, dan simbol).

Sumber data penelitian ini adalah naskah monolog dengan judul Suketi karya Kholik Setiawan. Naskah tersebut ditulis pada tahun 2022. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan objektif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data deskriptif diperoleh melalui teknik baca dan catat. Keabsahan data diperoleh melalui validitas semantis dan reliabilitas interrater dan intrarater.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Unsur intrinsik meliputi alur, latar, penokohan, dan tema. Alur yang digunakan adalah alur dinamis. Latar tempat yang memungkinkan peristiwa terjadi dan mencerminkan suasana hati tokohnya yaitu  ruang tamu rumah dari Suketi dan Darwin. Latar tempat tersebut, termasuk latar Sabionetta, secara tidak langsung menggambarkan watak tokoh dan memperjelas proposisi simbolik para tokohnya. Latar waktu peristiwa naskah sastra monolog ini adalah pada zaman sekarang, abad 21, dalam peristiwa tergambarkan dari jam pagi sampai malam. Tokoh protagonis  dalam cerita tersebut adalah Suketi dan Darwin sebagai tokoh Antagonis, serta tokoh lelaki tanpa nama menduduki tokoh tritagonis. Tema drama ini adalah psikologi menggambarkan kehidupan keluarga suami istri yang sama megalami masalah biologis dan menimbulkan efek trauma besar sehingga tokoh mengalami depresi berat. (2)  Keterkaitan antar unsur intrinsik diikat oleh dialog dan konflik. Konflik tersebut                                muncul dalam alur, latar, dan penokohan. (3) Hubungan antara tanda dan acuannya berupa ikon, indeks, dan simbol. Ketiga tanda tersebut memperjelas makna drama yaitu perlawanan atas situasi hidup tokoh dalam cerita.

Published
2023-10-08
Abstract viewed = 129 times
PDF downloaded = 243 times